Lubukbasung, Sumbar (ANTARA News) - Usman alias Ujang (65) narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melarikan diri saat gotong royong mempersiapkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-68.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Lubukbasung, Arnold, didampingi Kepala Seksi Bimbingan Napi dan Anak, Didik Zalman, Sabtu, mengatakan, Usman kabur saat kerja bakti persiapan Agustusan pada Selasa (13/8) sekitar pukul 15:30 WIB.

Pihaknya masih terus melakukan pencarian keberadaan narapidana yang kabur tersebut, namun belum juga menemukan titik terang.

"Kami telah berkoordinasi dengan Polres Agam untuk mencari keberadaan narapidana kasus pencurian dengan hukuman satu tahun enam bulan tersebut," kata Arnold.

Arnold merinci, ciri-ciri badan narapidana dengan nomor registrasi 43/13 ini yakni tinggi 161 cm, berat 54 kilogram, lingkar dada 84 cm, rambut ikal, mata hitam, hidung biasa, bentuk muka lonjong dan warna kulit hitam.

Ia menceritakan, Usman melarikan diri saat gotong royong menghias pagar lembaga pemasyarakatan sebagai persiapan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-68.

Beberapa menit kemudian anggota mengetahui bahwa Usman tidak ada di lokasi dan langsung dilakukan pencarian di sekitar Lapas Klas B Lubukbasung.

"Kemungkinan dia melarikan diri ke hutan sekitar Lapas Kelas II B Lubukbasung," katanya.

Wakil Kepala Polres Agam Kompol Ichwan mengatakan telah mengerahkan seluruh jajaran mulai dari anggota polres, polsek dan berkoordinasi dengan polres terdekat.

"Kami juga melibatkan keluarga korban. Harapan kami, Usman bisa segera ditangkap," tegasnya.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013