Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya pada siang hari berawan hingga hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada 10 Januari 2024.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, Rabu di Serang, mengatakan cuaca di wilayah Banten dan sekitarnya pada siang hari berawan hingga hujan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 23-33 derajat Celsius.
 
Kondisi berawan dan hujan ringan hingga sedang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.
 
Selain itu tingkat kelembapan udara antara 65-95 persen dengan arah angin dari barat daya hingga barat laut dan kecepatan angin 05-20 kilometer/ jam.

Baca juga: BMKG imbau waspada potensi hujan disertai petir di sejumlah kota besar
 
Namun BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan hujan lebat disertai angin kencang dan petir di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang.
 
Sedangkan Kota Cilegon dan Kota Tangerang relatif aman dari curah hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
 
Selain itu pihaknya mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.
 
Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)- Bakauheni (Lampung), kata dia, untuk hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang hingga 4 meter di perairan RI 10-11 Januari
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024