“Kami hanya takutkan tahapan pemilu di Kampung Karya Bumi Besum tidak berjalan sebagaimana sesuai dengan jadwal yang telah disusun,”
Sentani (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura, Papua mengharapkan tahapan pemilihan umum (pemilu) di Distrik Namblong dapat berlangsung dengan tertib.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura Zacharias SY Rumbewas saat dihubungi di Sentani, Minggu mengatakan kondisi di Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong yang baru terjadi kericuhan dan membuat warganya mengungsi meski mereka sudah kembali diharapkan tahapan pemilu terus berjalan.

“Kami hanya takutkan tahapan pemilu di Kampung Karya Bumi Besum tidak berjalan sebagaimana sesuai dengan jadwal yang telah disusun,” katanya.

Menurut Zacharias, menyikapi kondisi yang terjadi di Kampung Karya Bumi maka pihaknya mengeluarkan imbauan kepada KPU Kabupaten Jayapura untuk cermat mengambil kebijakan di daerah tersebut.

“Dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor I tahun 2022 tentang perubahan atas undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024, Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2022 Tentang,” ujarnya.

Dia menjelaskan imbauan itu untuk memastikan bahwa tahapan pemilu di Distrik Namblong bisa berjalan baik.

“Tentu sebagai pihak pengawas, kami tidak ingin ada distrik yang nanti digelar pemilihan suara ulang (PSU), sehingga sejak awal KPU diingatkan,” katanya.

Dia menambahkan imbauan serupa pun berlaku untuk distrik lainnya di Kabupaten Jayapura yang mengalami situasi seperti di Kampung Karya Bumi Besum.

“Kami berharap jangan lagi terjadi kasus seperti di Karya Bumi Besum supaya tahapan pemilu ini dapat berjalan baik sesuai jadwal yang telah disepakati,” ujarnya.


 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024