Peningkatan kemampuan siber dengan memperkuat BSSN dan mendorong pembentukan Angkatan Siber TNI.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. meyakini Ganjar Pranowo siap mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 yang mengangkat tema isu-isu pertahanan, keamanan, dan geopolitik pada 7 Januari 2024.

Mahfud mengatakan bahwa dirinya tidak memberi masukan secara khusus kepada calon presiden nomor urut 3 itu.

"Dia sudah menguasai itu. Saya sudah bicara. Jadi, saya tidak akan memberi masukan khusus, tetapi saya akan mendampingi karena dia sudah siap, baik untuk menampung pertanyaan maupun untuk melontarkan pertanyaan dalam debat. Dia sudah siap segalanya," kata Mahfud Md. menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di sela-sela kegiatannya di Jakarta, Rabu.

Pasangan Ganjar-Mahfud dalam dokumen visi dan misinya mengangkat wacana membangun sistem pertahanan 5.0.

Terkait dengan itu, Mahfud menjelaskan bahwa sistem pertahanan 5.0 itu mengikuti era industri kelima, yang kerap disebut 5.0.

"Kemarin 4.0, sekarang 5.0, terus berkembangnya arahnya tetap ke AI (kecerdasan buatan) dan digitalisasi," kata Mahfud.

Dalam dokumen visi dan misinya, pasangan Ganjar-Mahfud mengangkat misi kedaulatan negara dengan sistem pertahanan 5.0. Program dengan terkait itu, salah satunya membangun sistem alutsista SAKTI (perkasa dengan keunggulan teknologi 5.0).

Baca juga: Angkatan Siber perlu jadi bahan debat ketiga capres
Baca juga: Pakar: AI perlu diwaspadai karena berdampak besar pada keamanan siber


Pasangan calon nomor urut 3 itu juga menyoroti pentingnya membangun sistem pertahanan maritim, termasuk di wilayah pesisir. Program terkait dengan itu disebut Benteng Pertahanan Nusantara.

Wacana yang dibayangkan pasangan itu, yaitu mengembangkan strategi antiakses dan penangkalan wilayah untuk mengamankan kedaulatan teritorial dan pelaksanaan hak berdaulat di ZEE, terutama di koridor navigasi maritim dan landas kontinen, ruang dirgantara, dan antariksa Indonesia.

Pasangan itu juga menawarkan gagasan Perisai Siber Nusantara yang merujuk pada peningkatan kemampuan siber dengan memperkuat BSSN sebagai lembaga utama keamanan siber serta mendorong pembentukan Angkatan Siber TNI.

KPU RI menjadwalkan sesi debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung pada tanggal 7 Januari 2024. Debat ketiga itu menjadi debat kedua yang dihadiri oleh para capres.

Ada tiga calon presiden yang berkontestasi dalam debat ketiga itu, yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3).

Meskipun di atas panggung hanya ada capres, sebagaimana sesi debat sebelumnya, para cawapres juga ikut mendampingi di lokasi debat.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024