Berdasarkan hasil pemantauan, pasokan BBM aman, tidak ada kekosongan di SPBU-SPBU
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan peninjauan kesiapan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di terminal BBM dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) jalur Pantura Tegal dan Pekalongan, Jawa Tengah, saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami ingin memastikan kesiapan pasokan BBM di Pantura, seperti Tegal dan Pekalongan, saat libur Natal dan tahun baru. Berdasarkan hasil pemantauan, pasokan BBM aman, tidak ada kekosongan di SPBU-SPBU," ungkap Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi saat melakukan peninjauan, Kamis (21/12/2023), sebagaimana dikutip dari rilis BPH Migas di Jakarta, Sabtu.

Iwan menuturkan Terminal BBM Tegal telah menyiapkan dengan baik pasokan BBM menyambut Natal-tahun baru ini.

Demikian pula, SPBU-SPBU di sekitar wilayah tersebut tidak mengalami kendala pasokan BBM, termasuk Solar.

"Memang kebutuhan BBM naik di sekitar 10-20 persen di atas rata-rata harian. Namun, semua itu bisa dicukupi secara terkendali, termasuk Solar. Tidak ada kekosongan BBM," tambah Iwan.

Baca juga: BPH Migas pastikan penyaluran gas bumi jelang Natal dan tahun baru

Baca juga: Komite BPH Migas pantau pasokan BBM jelang Natal-tahun baru di Kaltim


Sementara itu, Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief dalam kesempatan yang sama, meminta adanya antisipasi berupa tambahan pasokan BBM untuk jalur Pantura, mengingat saat ini banyak truk-truk yang memilih melewati jalur nontol tersebut.

"Jalur Pantura cukup padat karena banyak truk yang melintas di sana. Harus dilakukan penambahan pasokan karena terjadi pergeseran kepadatan dari truk-truk yang biasanya lewat tol, sekarang ke jalur nontol," katanya.
Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi (dua dari kiri) dan Eman Salman Arief (dua dari kanan) saat meninjau kesiapan pasokan BBM di terminal BBM dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) jalur Pantura Tegal dan Pekalongan, Jawa Tengah, menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kamis (21/12/2023). ANTARA/HO-Humas BPH Migas


Eman juga mengingatkan pihak terminal BBM dan SPBU tetap mengedepankan faktor keselamatan, mengingat saat tahun baru banyak masyarakat yang memeriahkannya dengan pesta kembang api.

"Meski Terminal BBM Tegal letaknya jauh dari pemukiman penduduk, namun kita tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Untuk menjaga ketersediaan pasokan BBM di wilayah Tegal dan Pekalongan, PT Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan tiga SPBU kantong, serta motorist.

Hadir pula dalam kunjungan kerja ini, Fuel Terminal Manager Tegal Bushro Sihabudin Busthomy, SBM Rayon I Brebes-Kota Tegal Taufik R Lubis, SBM Rayon II Tegal-Pemalang Ahmad Fernando, dan SBM Rayon III Pekalongan Darryl Gomos Otniel Manullang.

Baca juga: BPH Migas: Surat rekomendasi permudah konsumen manfaatkan BBM subsidi

Baca juga: Dampingi Menteri ESDM, Kepala BPH Migas pantau stok BBM jelang Natal

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023