Jakarta (ANTARA) -
Pada Rabu (20/12), BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem saat Natal dan Tahun Baru serta Presiden menyebut pembangunan IKN berkembang tiap bulan.
 
Ada juga warta tentang Gunung Merapi yang luncurkan 10 kali guguran lava dan penyelenggaraan Konferensi Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin di Kota Bandung.
Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.
 
 
   
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
"Waspadai untuk wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jawa dan Sumatera bagian selatan itu, setelah Natal hingga sampai setelah tahun baru, awal bulan. Itu potensi hujan lebat bisa sampai ekstrem dapat disertai angin kencang," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.


   
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur terus mengalami kemajuan setiap bulan.
 
"Yang paling penting ada progres, ada perkembangan setiap bulan. Seperti tadi Hotel Nusantara sudah selesai 35 persen, bagus. Saya tanya sebelum Agustus selesai? Selesai," kata Presiden Jokowi saat meninjau Reforestrasi Hutan Tropis di Kalimantan Timur, Rabu.
   
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu pagi meluncurkan guguran lava sebanyak 10 kali ke arah dua sungai di selatan dan barat daya gunung.
 
Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso dalam keterangan di Yogyakarta, Rabu, menjelaskan berdasarkan pengamatan pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, guguran lava dengan jarak luncur paling jauh 1.600 meter (1,6 km) itu meluncur ke arah Kali Bebeng dan Kali Boyong.


   
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menutup aktivitas pendakian empat gunung yang berada di bawah pengelolaan institusi itu pascaerupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12).
 
"Kami sampaikan BKSD Sumbar resmi menutup aktivitas gunung yang berada di bawah naungan pengelolaan BKSDA yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang, Gunung Tandikek dan Gunung Sago," kata Pelaksana harian (Plh) BKSDA Provinsi Sumbar Dian Indriati di Padang, Rabu.


   
Penyelenggaraan Konferensi Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin di Kota Bandung, ingin menghadirkan kembali semangat Dasasila Bandung dalam perspektif agama, ujar Kepala Badan Litbang Diklat Kementerian Agama Amien Suyitno.
 
"Menghidupkan kembali semangat perdamaian dan persatuan sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung dan diplomasi Indonesia di Amerika Latin," ujar Suyitno saat membuka acara, Rabu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023