Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak masyarakat memanfaatkan masa kampanye untuk mengenali visi dan misi para peserta Pemilu 2024.

"Manfaatkan masa kampanye untuk mengenali latar belakang dan seluk-beluk figur yang akan dipilih pada pemilu. Jangan sampai karena abai, nanti salah pilih figur," kata Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi di Palangka Raya, Rabu.

Pada masa kampanye ini banyak cara masyarakat untuk mengetahui visi dan misi para calon. Selain dengan mendatangi kampanye terbuka, juga dapat dilakukan dengan melihat konten yang disajikan pada media sosial.

"Dengan mengetahui jejak rekam dan latar belakang diharapkan akan terpilih anggota DPRD kabupaten, kota, provinsi, DPR RI, DPD RI dan presiden dan wakil presiden berkualitas dan berkapasitas," katanya.

Apalagi, lanjut dia, peserta pemilu yang terpilih akan menentukan secara langsung arah pembangunan bangsa Indonesia selama lima tahun mendatang.

"Maka salah satu kewajiban masyarakat dalam menyukseskan pemilu adalah dengan memilih para calon yang berkualitas dan bertanggung jawab serta memiliki visi dan misi yang jelas dalam pembangunan bangsa dan negara," katanya.

Sastriadi juga mengajak masyarakat turut melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga mempersempit ruang gerak pelaksana maupun peserta terkait potensi melakukan pelanggaran.

Pada Pemilu Serentak 2024, KPU Kalteng telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 995.097 laki-laki dan 940.019 perempuan. Mereka akan menggunakan hak pilih di 7.830 tempat pemungutan suara yang tersebar di 14 kabupaten, 136 kecamatan, dan 1.571 kelurahan/desa.

Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Harmain juga mengajak awak media dan komunitas ikut menyosialisasikan  pemilu dan tetap berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menjaga proses pemilihan yang aman, transparan, dan jujur serta mendorong partisipasi yang lebih tinggi dari seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan demikian kita dapat memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwujud dalam hasil pemilu,” katanya.
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023