Seoul (ANTARA) - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut Amerika Serikat tiba di Korea Selatan pada Minggu, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Peristiwa itu terjadi ketika Korea Selatan diliputi kekhawatiran bahwa Korea Utara akan meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) bulan ini.

USS Missouri dengan nomor lambung SSN-780 dan kapal selam serang kelas Virginia, Minggu pagi memasuki pangkalan angkatan laut di Busan yang berjarak 320 kilometer, kata Angkatan Laut Korea Selatan.

"Dengan dikerahkannya USS Missouri, kita berencana memperkuat kerja sama angkatan laut dengan Amerika Serikat serta memperkuat postur pertahanan gabungan kita," sambung kementerian itu.

Baca juga: Pesawat jet F-16 AS jatuh di Korsel, pilot ditemukan selamat

Pengerahan kapal selam tersebut dilakukan hanya tiga pekan setelah USS Santa Fe (SSN-763) yang adalah kapal selam kelas Los Angeles, memasuki pangkalan angkatan laut Jeju di pulau yang berada di Jepang selatan itu.

Awal pekan ini, Wakil Utama Penasihat Keamanan Nasional Kim Tae-hyo mengemukakan kemungkinan Korea Utara meluncurkan ICBM pada Desember.

Saat itu Kim baru saja tiba di Washington untuk menghadiri pertemuan Kelompok Konsultasi Nuklir (NCG) yang merupakan sebuah pertemuan keamanan Korea Selatan-AS yang dirancang membahas isu-isu perencanaan nuklir dan strategis.

Korea Utara terakhir kali menguji coba ICBM berbahan bakar padat Hwasong-18 pada Juli.

Baca juga: Para wakil delapan negara NATO kunjungi Korsel pekan ini

Sumber: Yonhap-OANA
 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023