Medan (ANTARA News) - Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 7803 menjadi pesawat terakhir yang mendarat di Bandara Polonia Medan setelah mendarat Rabu (24/7) malam pukul 23.50 WIB.

Pesawat yang mendarat terakhir di Bandara Polonia tersebut terbang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat.

Pilot dan penumpang Air Asia tersebut langsung disambut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, dan Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi.

Pilot dan penumpang maskapai tersebut juga disambut dengan tari-tarian dan diberikan kalungan bunga.

Sambutan serupa juga diberikan kepada pilot dan penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 218 yang berangkat dari Jakarta.

Pesawat yang dipiloti warga asing tersebut mendarat di Bandara Polonia pada pukul 23.30 WIB.

Setelah menyambut dua pesawat terakhir itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susanto menaiki pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya, Dirut PT Angkasa Pura 2 Tri S Sunoko mengatakan, aktivitas penerbangan di Bandara Polonia akan resmi ditutup pada Rabu (24/7) pukul 24.00 WIB untuk kegiatan operasional penerbangan sipil.

Bersamaan dengan itu, terhitung sejak Kamis (25/7) pukul 00.01 WIB (17.01 UTC), Bandara Internasional Kualanamu akan mengawali operasinya untuk menggantikan peran Bandara Polonia.

Pengalihan tersebut sesuai dengan dokumen AIRAC AIP (Aeronautical Information Regulation And Control/Aeronautical Information Publication) Supplement, Nomor 03/13 tertanggal 30 Mei 2013.

Dokumen yang dirilis Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tersebut berisi tentang Pengoperasian Bandara Internasional Kualanamu terkait dengan Wilayah Udara Pelayanan Lalu Lintas Udara dan Prosedur Penerbangan.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013