Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta memberikan pujiannya kepada racikan strategi pelatih Unai Emery yang mampu membawa Aston Villa tampil gemilang pada musim ini dengan menghuni posisi tiga klasemen sementara Liga Inggris dengan 32 poin dari 15 pertandingan.

Jelang pertemuan kedua tim dalam lanjutan Liga Inggris di Villa Park pada Minggu (10/12) pukul 00.30 WIB, Arteta sangat terkesan dengan permainan The Villa sejak ditangani Emery yang bermula dari tim yang berjuang di zona degradasi, kini menjelma sebagai yang meramaikan persaingan empat besar bahkan persaingan juara.

Pada laga terakhir, Ollie Watkins dan kawan-kawan mempencundangi pemilik treble winners musim lalu, Manchester City dengan skor 1-0.

“Secara taktik mereka sangat baik, mereka melakukan dua atau tiga hal berbeda, mereka sangat berani bermain dari belakang. Mereka benar-benar menyerang Anda karena mereka memiliki pemain tersirat yang dapat menyakiti Anda, mereka memiliki pemain di ruang terbuka yang terus-menerus mengancam Anda,” puji Arteta kepada penampilan Aston Villa musim ini, melansir dari laman resmi klub, Sabtu.

“Tapi tidak hanya itu, semangat yang mereka ciptakan, atmosfer, intensitas, dan keyakinan yang mereka miliki saat ini bahwa mereka bisa terus maju dan mengalahkan siapa pun,” tambahnya.

Pelatih sekaligus legenda Arsenal itu lalu memberikan pujiannya secara personal kepada Emery yang juga merupakan mantan pelatih The Gunners era 2018/2019 sampai 2020/2021.

Ia mengaku sangat mengagumi karier kepelatihan Emery yang kini telah meraih tujuh gelar kompetisi domestik dan empat gelar kompetisi Eropa dari delapan klub yang pernah dilatih.

“Saya mengikutinya sejak dia di Almeria (2006/2007). Apa yang dia lakukan untuk setiap tim selalu luar biasa. Dia selalu meningkatkan kualitas pemain, tim, klub dan dia adalah orang Basque (Spanyol), sama seperti saya, dan dia adalah manajer yang sangat saya kagumi atas apa yang telah dia lakukan dalam permainan,” jelas Arteta.

“Saya pikir dialah yang paling berpengalaman dan paling sukses dalam hal segala hal yang telah dia capai dalam permainan ini, dan apa yang telah dia menangkan. Jadi yang jelas aku mengaguminya ya,” lanjutnya.

Meski melempar pujian besar kepada Emery, Arteta tak sungkan untuk mencuri poin penuh dari lawatannya di markas tim asuhan pelatih yang ia kaguminya tersebut.

Tiga poin dari lawatan di Villa Park akan menjaga posisi The Gunners di puncak klasemen sementara dari kejaran Liverpool yang menguntit di posisi kedua dengan selisih dua poin.

“Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi, salah satu lapangan favorit saya, lapangan yang sangat khas Inggris dan atmosfer yang luar biasa untuk bermain sepak bola, jadi ini akan menjadi peluang besar bagi kami,” tutupnya.

Baca juga: Arsenal miliki modal positif jelang hadapi Luton Town
Baca juga: Arteta berharap Odegaard dapat tampil lawan Brentford
Baca juga: Arteta kecewa Arsenal gagal petik tiga poin di Derbi London Utara


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023