Harga barang kebutuhan pokok masih stabil, stok aman dan mencukupi.
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menjamin stok barang kebutuhan pokok yang tersedia di Kota Ambon mencukupi dengan harga yang terkendali menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Harga barang kebutuhan pokok masih stabil, stok aman dan mencukupi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Sadali Ie, di Ambon, Selasa, usai melakukan pemantauan ke pasar tradisional di Ambon bersama dengan Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalama dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku.

Pihaknya juga memantau pelaksanaan pasar murah di Pasar Batu Merah yang dilaksanakan oleh Pemprov Maluku dilaksanakan setiap Selasa hingga menjelang natal dan tahun baru.

"Karena itu, masyarakat tidak perlu takut, terutama umat Kristiani yang akan merayakan perayaan Natal Kristus 25 Desember 2023, dan menyambut Tahun Baru 1 Januari 2024," katanya pula.

Ia memastikan berdasarkan hasil pantauan yang dilaksanakan di pasar tradisional, seluruh harga barang kebutuhan pokok masih dalam keadaan stabil, mulai dari daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang, minyak goreng, dan sejumlah kebutuhan lain.

"Kita berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan hingga menjelang perayaan Natal Kristus dan memasuki tahun baru," kata dia lagi.

Pemprov Maluku juga bersyukur pengendalian inflasi cukup terkendali dengan angka 2,96 persen atau lebih rendah dari sebelumnya.

"Dengan angka inflasi 2,69 persen ini kita menjaga, semua elemen diharapkan turut berpartisipasi, termasuk insan pers, kita mengimbau masyarakat tidak terlalu khawatir dan berbelanja yang berlebihan, biasa-biasa saja karena keterjaminan stok tetap terjamin hingga tiga bulan ke depan," katanya lagi.

Ia menambahkan pihaknya juga melakukan pemantauan ke gudang-gudang distributor untuk memastikan ketersediaan stok dan kestabilan harga termasuk ke pasar modern.

Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalama pada kesempatan itu mengatakan bahwa Gubernur Maluku juga sudah membuat surat edaran kepada bupati dan wali kota untuk melakukan langkah antisipasi pengamanan kebutuhan pokok menjelang natal dan tahun baru.

"Sudah jelas semuanya harus kita lakukan pemantauan, termasuk persiapan mulai dari pengadaan, distribusi sampai harga di pasar , aktif melakukan pemantauan di pasar," ujarnya pula.
Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Malut relatif naik
Baca juga: Bulog Maluku jamin stok beras di Maluku aman hingga akhir tahun

Pewarta: John Soplanit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023