Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa pada tanggal 4 Juli 2013 PM Australia Kevin Rudd dengan didampingi oleh Ibu Negara Therese Rein tiba di Jakarta dalam rangka menghadiri Indonesia-Australia Annual Leaders Meeting.

Annual Leaders Meeting (ALM) merupakan mekanisme pertemuan tahunan antara kedua kepala pemerintahan. Pertemuan pada tahun ini adalah yang ketiga sejak pertemuan pertama dilangsungkan pada tahun 2011 di Bali.

Pertemuan ALM kedua dilangsungkan di Darwin pada tahun 2012.

Topik yang akan diangkat dalam ALM Ke-3 ini di antaranya terkait dengan isu-isu bilateral kedua negara, yakni kerja sama ekonomi, investasi, dan hubungan masyarakat.

Selain itu, juga akan dibahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, seperti kerja sama APEC dan G20.

Selama di Indonesia, selain menghadiri ALM, PM Australia juga dijadwalkan menghadiri breakfast meeting yang melibatkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kedua negara.

Ia menjelaskan bahwa ALM merupakan forum tertinggi dalam kerangka kerja sama bilateral Indonesia-Australia. Forum ini bersifat strategis karena ditujukan untuk mengevaluasi berbagai kemajuan kerja sama bilateral dalam lingkup kemitraan komprehensif.

Selain itu, kata Faizasyah, melalui forum ini kedua kepala pemerintahan dapat memberikan arah kebijakan atas berbagai isu pembahasan untuk diimplementasikan oleh para penyelenggara pemerintahan di masing-masing negara.

Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono sudah berada di Istana Bogor sejak Kamis (4/7) setelah menerima kunjungan kehormatan PM Rudd beserta Ibu Therese Rein di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah pertemuan tahunan pemimpin Indonesia dan Australia, Yudhoyono dan Ibu Ani dijadwalkan menjamu santap siang PM Rudd beserta Ibu Therese.

Di sela-sela acara tersebut, Ibu Ani akan melakukan kegiatan "hunting" foto dengan beberapa pengikut akun Instagram Ibu Ani dalam acara yang bertajuk "Kopdar Istura Fotografi" itu.
(G003/D007)

Pewarta: G.N.C. Aryani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013