Jakarta (ANTARA) - Meta Platforms pada Kamis (16/11) waktu setempat meluncurkan dua fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) baru untuk pengeditan video yang dapat digunakan untuk mengunggah konten ke Instagram atau Facebook.

Fitur AI Meta yang pertama disebut Emu Video, ia menghasilkan video berdurasi empat detik dengan keterangan, foto, atau gambar, dipasangkan dengan deskripsi. Adapun yang lainnya dikenal sebagai Emu Edit yang memungkinkan pengguna lebih mudah mengubah atau mengedit video dengan petunjuk teks, seperti disiarkan Reuters, Jumat.

Alat baru dari Meta itu merupakan kemajuan dari model induk Emu yang menghasilkan gambar sebagai respons terhadap perintah teks.

Baca juga: Instagram mungkinkan pengguna matikan tanda "Read Receipt" untuk DM

Emu mendasari teknologi AI generatif dan beberapa alat pengeditan gambar AI untuk Instagram yang memungkinkan seseorang mengambil foto dan mengubah gaya visual atau latar belakangnya.

Dunia usaha dan perusahaan dalam satu tahun terakhir telah berbondong-bondong beralih ke pasar AI generatif yang baru lahir untuk mendapatkan kemampuan yang lebih baru dan menyempurnakan proses bisnis sejak peluncuran ChatGPT OpenAI pada akhir tahun lalu.

Raksasa media sosial ini telah membuat kemajuan pesat di dunia AI dan telah menjadi salah satu titik fokus paling signifikan dalam upayanya bersaing dengan raksasa lain seperti Microsoft, Google milik Alphabet, dan Amazon. 

Baca juga: Meta perkenalkan Instagram dan Facebook bebas iklan di Eropa

Baca juga: Tiga fitur anyar Youtube untuk mengantar kreator lebih mendunia

Baca juga: TikTok perkenalkan cara menyebut konten yang dihasilkan AI

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023