Jakarta (ANTARA) - Tim putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia dan Popsivo Polwan dipastikan melangkah ke babak final four Livoli Divisi Utama 2023

Kepastian tersebut didapatkan setelah Petrokimia dan Popsivo mengalahkan lawan-lawannya pada Putaran Reguler Kedua yang berlangsung di GOR Ki Mageti, Magetan, Kamis.

Petrokimia mengandaskan Bharata Muda Jakarta tiga set langsung, 3-0 (25-21, 25-17, 25-22). Sedangkan Popsivo menyingkirkan juara bertahan Bank Jatim lewat drama empat set, 3-1 (27-25, 25-21, 20-25, 25-23).

Dengan kemenangan tersebut maka dua tim itu telah mengantongi dua kemenangan dan secara hitung-hitungan sudah tak terkejar lagi dari dua tim lainnya di Pul DD, yakni Bank Jatim dan Bharata.

Popsivo dan Petrokimia, selain lolos ke babak final four di Kediri, 1-10 Desember mendatang, juga dipastikan akan memperebutkan peringkat satu dan dua pada Sabtu (18/11/2023). Meskipun Popsivo masih harus bertanding melawan Bharata Muda, Jumat (17/11).

Baca juga: Petro Kimia buka peluang ke final four usai tumbangkan Bank Jatim

Sedangkan Bank Jatim yang baru mengantongi satu kemenangan dan dua kekalahan masuk zona degradasi melawan Bharata yang sudah kalah dalam dua laga.

Pelatih Popsivo, Reidel Alfonzo Gonzales Toiran mengaku belum puas dengan permainan anak asuhnya. Namun, penampilan Arsela dan kawan-kawan masih lebih baik dari penampilan laga sebelumnya.

"Saya masih belum puas dengan permainan anak-anak. Tapi sudah ada perkembangan dibanding pertandingan sebelumnya," tambah pelatih asal Kuba itu.

Menurutnya, tim asuhannya itu memiliki kelemahan dalam fokus permainan.

"Mungkin mereka kurang kepercayaan diri," kata Toiran usai laga.

Baca juga: Bank Jatim atasi perlawanan Bharata Muda dalam pertandingan empat set

Sementara Labib, pelatih Bank Jatim, mengaku kalau anak asuhnya seperti terbebani harus menang sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri.

Sementara itu, laga Petrokimia versus Bharata menyajikan laga yang kurang seimbang. Petrokimia menguasai jalannya laga dan hanya set ketiga agak mendapat perlawanan.

"Set ketiga kami nyaris kalah. Beberapa kesalahan dilakukan anak-anak, tapi bisa diatasi," ujar pelatih Petrokimia, Pedro Lilipaly.

Sedangkan pelatih Bharata Muda, Eko Waluyo mengatakan timnya tidak memiliki bomber yang mampu mematikan lawan, sehingga menyebabkan kekalahan.

"Banyak bola yang harusnya poin bagi kami gagal dimanfaatkan," tambah Eko.

Dilansir dari keterangan PP PBVSI berikut jadwal Livoli Divisi Utama 2023, Jumat:
Putri:
14.00 WIB: Bharata - Popsivo
Putra:
16.30 WIB: Berlian - PDAM
19.00 WIB: Indomaret - DPUPR.

Baca juga: Tirta Bhagasasi tinggal selangkah ke final four Livoli Divisi Utama

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023