Jakarta (ANTARA) - Pembalap Hafid Pratama menyudahi drama perburuan gelar kelas Expert OP1 usai menjadi yang tercepat di ajang OnePrix 2023 seri pamungkas yang berlangsung di Sirkuit Mijen, Semarang pada 11-12 November lalu.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin, Hafid mengawali putaran ini dengan memenangi sesi Superpole pada hari pertama dan finish terdepan pada balapan pertama. Sementara sang pesaing utama, Husni Zainul Fuadzy atau Alfi Husni justru tercecer di peringkat kedelapan.

Pada balapan kedua, perolehan poin kedua pembalap tersebut berjarak 20 poin yang artinya, Alfi harus finish di peringkat pertama sambil berharap Hafid gagal meraih podium. Namun, Hafid menunjukkan konsistensinya dengan mengamankan podium kedua sekaligus gelar nasional pertamanya di OnePrix.

"Banyak hal yang harus kami evaluasi. Kami akan berkoordinasi dengan IMI terkait evaluasi sistem kompetisi. Pertama soal pendaftaran pembalap dan sistem penyelenggaraan," kata CEO PT. OMM, Arlan Perkasa Lukman.

Mengenai penyelenggaraan OnePrix di musim depan, Arlan mengakui ada sejumlah faktor eksternal yang membuat pihaknya belum dapat memastikan kapan musim depan dimulai.

"Secara jujur, kami mendapatkan tantangan karena tahun depan adalah tahun politik. Sehingga kami harus mengantisipasi adanya dua putaran pemilu. Jika ada (putaran kedua pemilu), maka penyelenggaraan OnePrix baru ada di semester kedua tahun depan sehingga pilihan kami tidak terlalu banyak," kata Arlan.

Baca juga: OnePrix usung semangat digitalisasi dan sport tourism pada musim 2023

Namun Arlan mengungkapkan di musim kompetisi ke depan akan memprioritaskan sejumlah sirkuit yang belum pernah digunakan selama seri OnePrix seperti sejumlah sirkuit yang berada di pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

"Kami akan memprioritaskan sirkuit yang belum pernah kami kunjungi, seperti Sumatera Kalimantan dan Sulawesi. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau kami menggelar tiga kejurnas maka itu ada di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi," kata Arlan.

Arlan mengatakan saat ini terdapat sejumlah sirkuit yang dipertimbangkan untuk menjadi venue OnePrix diantaranya sirkuit Sabaru di Kalimantan lalu sirkuit Palopo yang berada di Sulawesi.

"Untuk Sumatera kami belum tahu apakah di Jambi atau Sumatera Selatan. Kalimantan ada Sabaru dan untuk Sulawesi kami berencana memilih Palopo. Kalau memang ada lampu hijau sejak semester pertama, kami akan menyelenggarakan di Sentul, Tasikmalaya, dan antara Mijen atau Bung Tomo," terang Arlan.

Di kelas Novice, Chandra Hermawan menutup musim ini dengan istimewa. Setelah finish di peringkat ketiga pada balapan pertama, pembalap asal Lumajang tersebut hanya butuh satu poin lagi untuk mengunci gelar nasional. Meski hanya butuh satu angka, Chandra tetap mengerahkan segala kemampuannya pada balapan hari kedua dan finish di urutan terdepan. Ini merupakan gelar pertamanya di kelas Novice dan musim depan ia akan naik ke kelas Expert.

Baca juga: OnePrix 2023 putaran keempat hadirkan kejutan di berbagai kelas

Pada kelas OP3 atau Rookie, Muhammad Diandra, secara dramatis mengumpulkan poin terbanyak musim ini meski menyelesaikan balapan masing-masing di urutan ketiga dan kedua. Secara total, perolehan poinnya hanya unggul satu angka dari pembalap Yamaha Dr. Jack Zyrof 47, Arai Agaska Dibani Laksana.

Dilansir dari keterangan resmi OnePrix 2023, Senin, berikut daftar juara di masing-masing kelas:

Kelas Expert OP1
1. Hafid Pratama - 201 poin
2. Alfi Husni Zainul Fuadzy - 172 poin
3. Adytya Fauzi - 130 poin
4. Aldiaz Aqsal Ismaya - 119 poin
5. M. Faerozi - 114 poin

Kelas Novice OP2
1. Chandra Hermawan - 169 poin
2. Akbar Abud Afdallah - 129 poin
3. Fahmi Bassam - 116 poin
4. Fadli Rigani - 93 poin
5. Felix Putra Mulya - 91 poin

Kelas Rookie OP3
1. M. Diandra - 171 poin
2. Arai Agaska Dibani Laksana - 170 poin
3. Reykat Yusuf Fadillah - 145 poin
4. Haikal Ramadhan - 106 poin
5. Ziven Rosul - 93 poin

Kelas Beginner OP4
1. Resky YH - 181 poin
2. Bintang Pranata Sukma - 170 poin
3. Danadyaksa Wida Pangestu - 162 poin
4. Sabian Fathul Ilmi - 144 poin
5. Abimanyu Bintang Fermadi - 127 poin

Baca juga: OnePrix 2023 putaran kelima akan berlangsung di Semarang

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023