perlu adanya sinergi antara warga dengan Pemerintah Provinsi DKI untuk saling bertukar informasi dan penyampaian pengaduan
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Pantas Nainggolan meminta warga segera melapor kepada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta maupun jajaran di bawahnya  jika menemukan pohon rawan roboh (tumbang) mengingat Jakarta sudah memasuki musim hujan pada November.
 
"Saya minta warga bisa proaktif untuk menyampaikan informasi tersebut kepada petugas yang ada di setiap kecamatan agar segera dilakukan pemangkasan atau ditebang kalau membahayakan," kata Pantas saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis.
 
Pantas menuturkan perlu adanya sinergi antara warga dengan Pemerintah Provinsi DKI untuk saling bertukar informasi dan penyampaian pengaduan jika menemui kendala di lapangan.
 
Terlebih, pada musim penghujan sering terjadi pohon yang sudah tua rawan untuk tumbang bahkan bisa mencelakai pejalan kaki hingga pengguna kendaraan.
 
"Butuh kerja sama dan partisipasi warga yang lebih proaktif untuk melaporkan kondisi kondisi pohon di sekelilingnya," tuturnya.
 
Dia menyarankan warga bisa melapor melalui nomor Jakarta Siaga 112 yang bisa dihubungi 24 jam dan bebas pulsa.
 
Selain itu, warga yang menemukan pohon tumbang bisa juga melaporkan peristiwa yang dialaminya kepada Dinas Pertamanan dan Hutan (Distamhut)  DKI Jakarta.
 
Sementara, anggota DPRD DKI lainnya, Yuke Yurike berharap Dinas Pertamanan dan Hutan (Distamhut) DKI Jakarta juga rutin melakukan pengecekan pohon sebagai antisipasi selama musim hujan.
 
"Saya harap dari Dinas Pertamanan dan Hutan Provinsi DKI Jakarta melakukan pengecekan berkala khususnya ke pohon-pohon besar," tambah Yuke.
 
Yuke menilai terjadinya pergantian cuaca yang tidak menentu bisa mempengaruhi akar hingga fisik pohon sehingga menjadi lebih rapuh sehingga rawan tumbang.
 
Sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan (Sudin Tamhut) Jakarta Selatan menyediakan layanan santunan kepada warga yang menjadi korban tertimpa pohon tumbang termasuk kalau kendaraan atau rumah miliknya mengalami kerusakan.
 
Kepala Sudin Tamhut Jakarta Selatan Elly Sugestianingsih mengatakan kecelakaan akibat pohon tumbang bisa bervariasi tergantung dari seberapa parah dampak dari peristiwa.
Baca juga: Musim hujan, Pemkot Jaktim antisipasi banjir
Baca juga: Tips agar warga aman memakai listrik selama musim hujan
Baca juga: Turap pembatas Kebun Binatang Ragunan longsor akibat hujan deras

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023