Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan pameran pelatihan dan produk vokasi yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan menarik minat masyarakat untuk meningkatkan keterampilan.

Salah satu pengunjung pameran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023, Asrof (26) di Jakarta, Sabtu mengaku antusias menghadiri pameran, khususnya pameran terkait teknologi.

"Tadi saya sudah berkeliling, khususnya di booth BPVP (Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) Surakarta tentang 3D Animation Pipeline. Saya tertarik sama animasi," tuturnya.

Pengunjung lainnya, Heriyanto (27) dari Makassar, Sulawesi Selatan mengaku sengaja mengunjungi pameran ini karena tertarik dengan berbagai inovasi yang dihadirkan BPVP.

Baca juga: Pendidikan vokasi miliki peranan penting dalam perekonomian

Baca juga: Kemnaker gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair 27-29 Oktober


Dalam pameran tersebut, ia sempat berbincang dan minta informasi kepada pengelola sistem Internet of Things (IoT) pertanian dari BPVP Bandung Barat terkait tata cara melembabkan tanah.

"Jadi saya agak tertarik tentang IoT ini. Tadi banyak informasi yang dia bagi kepada kita. Walau pun penjelasan pendek, tapi kita paham. Rencananya nanti kita praktikkan di daerah (Makassar). Dia sudah kasih kontak ke saya, jadi nanti kalau ada informasi lebih lanjut dihubungi," ucap Heriyanto.

Ia menilai berbagai pelatihan dan produk vokasi yang dipamerkan dalam acara ini sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan.

Dalam pameran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 27-29 Oktober 2023 itu menghadirkan berbagai peralatan dan produk dari kejuaraan, di antaranya kejuruan Automotive (teknik otomotif, alat berat), Electrical (refrigrasi, elektronik, listrik), Manufacture, Mechanical (tekniklas), Construction (bangunan), Tourism, Smart Farming, Fashion Technology, Creative Industry, dan IT for Bussiness.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengharapkan penyelenggaraan Festival Pelatihan Vokasi 2023 dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan calon tenaga kerja sehingga mampu merespon persaingan di Era Revolusi Industri 4.0.

"Tenaga kerja kita harus mampu merespon persaingan yang datang dari dalam negeri dan luar negeri serta mampu bersaing di Era Revolusi Industri 4.0," ujar Ida Fauziyah dalam sambutan Pembukaan Festival Pelatihan Vokasi Tahun dan Job Fair Nasional 2023.

Dalam acara bertema "Indonesia Maju Terus Melaju Bersama Pelatihan Vokasi" itu, Ida mengatakan keberhasilan pelatihan vokasi akan memberikan efek yang positif terhadap penurunan angka pengangguran maupun untuk kemajuan berbagai industri.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023