Kompetisi dapat menjadi wadah mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi dan pemikiran kritis mengenai isu-isu ekonomi yang penting dan relevan
Gorontalo (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kompetisi esai Nasional III Tahun 2023.

Sekretaris Jurusan Pendidikan Ekonomi Meli Zubaidah Mahmud di Gorontalo, Jumat, mengatakan kompetisi dilaksanakan sebagai wadah mengekspresikan ide, wawasan, dan pemahaman mahasiswa tentang isu-isu ekonomi yang relevan.

Baca juga: 10 keilmuan UI masuk THE WUR 2024 by Subject

Ia mengatakan, pelaksanaan kompetisi esai nasional bertujuan untuk membiasakan mahasiswa dalam mengasah kemampuan, menghasilkan ide kreatif dan inovatif yang dapat dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah terkait bidang ilmu ekonomi.

"Kami berharap banyak pikiran dan gagasan yang dapat diekspresikan mahasiswa tentang isu-isu ekonomi terkini. Para peserta menyampaikan pandangan mereka tentang perkembangan ekonomi global yang semakin ter-integrasikan dengan teknologi dan inovasi," kata Meli.

Baca juga: Unair kukuhkan enam guru besar tingkatkan kualitas pendidikan

Ia berharap, kompetisi dapat menjadi wadah mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi dan pemikiran kritis mengenai isu-isu ekonomi yang penting dan relevan.

Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan solusi dari isu-isu ekonomi yang saat ini terjadi di Indonesia.

Pelaksanaan kompetisi esai nasional III 2023 diikuti mahasiswa dari enam perguruan tinggi yakni, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Swadaya Gunung Jati (USGJ), Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Universitas Sulawesi Tenggara, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Baca juga: Pakar perikanan-kelautan dunia hadiri konferensi di USK Banda Aceh

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023