Jakarta (ANTARA) -
Staf ahli bidang inovasi dan kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) Restog Krisna Kusuma mengatakan kegiatan seni dan fesyen yang melibatkan seniman kreatif bisa menjadi sarana untuk mengejar pertumbuhan ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan pekerjaan.
 
"Ini salah satu kemudi untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi kreatif yang mudah-mudahan bisa lebih menciptakan lapangan pekerjaan," ucap Restog dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat.
 
Ia mengatakan pasar untuk ekonomi kreatif saat ini cukup besar, dimana pasar untuk bidang gim atau e-sport lebih besar jika dibandingkan dengan industri film dan video.
Sehingga potensi ekonomi kreatif Indonesia menurut Restog tidak hanya menjadi pasar tapi juga bisa menjadi pengembang atau pengembang di bidang kreatif tersebut.
 
Mewakili Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, dia juga mengatakan seni dan fesyen terus berubah seiring perkembangan teknologi. Salah satu yang sedang berkembang adalah seni digital. Dari adanya kegiatan kolaborasi seni, fesyen dan teknologi, berharap pelaku industri dapat memberikan kontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
 
Kemenparekraf juga turut mendukung gelaran kegiatan seni dan fesyen yang digagas pelaku industri baik bidang seni maupun teknologi yang mengangkat tema tentang keberlanjutan lingkungan dan kesetaraan gender.
 
"Kesetaraan gender, youth environment dan sustainable enviroment itu terus kami gaungkan dan dukungan terkait dengan pertumbuhan ekonomi kreatif," ucapnya.
 
Ia menambahkan Kemenparekraf juga banyak melakukan pengembangan kapasitas industri kreatif dan pengembangan pelaku industri yang dilakukan di kedeputian dua.
 
Dengan seiring perubahan perkembangan teknologi, kolaborasi ini merupakan ajang yang penting untuk mengembangkan industri lainnya sehingga wawasan masyarakat terhadap industri kreatif semakin terbuka.
 
Ia berharap dengan adanya kegiatan yang mengambil tema seni dan industri fesyen bisa mengambil peran dan terwujudnya kolaborasi baru antara pelaku ekonomi kreatif di berbagai sektor kedepannya.

Baca juga: IDBYTE Art+Fashion 2023 kolaborasikan seniman dan desainer muda

Baca juga: Ria Miranda dan Mang Moel gelar pameran "Seanergy" di Jakarta

Baca juga: Pandemi bisa jadi inspirasi untuk buat karya fesyen dan seni

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023