Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden New Development Bank (NDB) Dilma Rousseff membahas upaya untuk menjadikan sistem keuangan internasional lebih adil dan setara agar dapat secara efektif meningkatkan representasi dan suara emerging market dan negara-negara berkembang.

Xi menyambut baik partisipasi NDB dalam Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) serta Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative), maupun perannya dalam mendorong Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan membantu modernisasi di makin banyak negara berkembang.

"China akan terus mendukung pekerjaan NDB dan Rousseff dalam menjalankan tugasnya di China," ujar Xi.

Presiden NDB Rousseff berterima kasih kepada pemerintah China atas dukungannya terhadap NDB, sembari menyatakan keyakinannya bahwa BRI dan BRF akan memainkan peran penting dalam pembangunan berkelanjutan dan pembangunan hijau global.

"NDB siap untuk secara aktif berpartisipasi dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra serta memberikan kontribusi yang memadai guna mendorong multipolaritas dunia maupun reformasi sistem keuangan internasional," tutur Rousseff.



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023