Jenewa (ANTARA) - Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) menyambut baik rekomendasi dari Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar cabang olahraga (cabor) angkat besi dimasukkan ke dalam program Olimpiade Los Angeles 2028.

Pemungutan suara untuk pengajuan tersebut akan dilakukan pada sesi IOC ke-141 di Mumbai, India.

"Kami terdorong oleh langkah penting ini dalam upaya kami untuk mewujudkan impian jutaan atlet angkat besi muda di seluruh dunia," ujar Presiden IWF Mohammed Jalood.

IWF mengatakan bahwa mereka telah berbulan-bulan melakukan dialog produktif dengan tim IOC untuk mewujudkan implementasi reformasi tata kelola yang luas dan program-program olahraga bersih yang diperkuat secara signifikan setelah terpilihnya Dewan Eksekutif dan presiden IWF yang baru pada Juni 2022.

"Atas nama para atlet tersebut, dan semua orang di seluruh keluarga besar angkat besi global, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Komisi Program Olimpiade IOC, serta Departemen Olahraga dan Dewan Eksekutif IOC atas proses yang adil dan ketat yang telah dilakukan - dan atas bimbingan mereka dalam membantu kami membentuk masa depan yang baru untuk cabor kami," ujar Jalood.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023