Jakarta (ANTARA) - Program kepemudaan Jr. NBA kembali menghadirkan turnamen 3v3 bagi anak-anak muda di Indonesia yang digelar di GOR UNESA Surabaya, Jawa Timur, akhir September hingga awal Oktober.

Jr. NBA 3v3 Indonesia terdiri dari divisi putra dan putri untuk kategori Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Turnamen ini diikuti total 368 tim yang terdiri dari 245 tim putra dan 123 tim putri dari seluruh Jawa Timur.

"Jr. NBA 3v3 Indonesia memberikan wadah yang sangat baik bagi anak laki-laki dan perempuan guna menunjukkan bakat mereka melalui kompetisi persahabatan sehingga dapat mempelajari nilai-nilai dasar dari olahraga ini," ujar pelatih Jr. NBA Asia Carlos Barroca dalam keterangan resmi, Kamis.

"Kami berharap ke depannya dapat terus mendukung perkembangan keterampilan bermain basket anak muda di negara ini melalui program-program yang dapat menumbuhkan kecintaan para generasi muda melalui permainan olahraga ini," ujarnya menambahkan.

Pada kategori SMA, SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya (tim A) berhasil mengalahkan SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya (tim B) dan meraih gelar juara divisi putra, sedangkan SMA Nation Star Academy Surabaya mengalahkan SMA Negeri 1 Gondanglegi (tim A) dari Malang untuk meraih gelar juara divisi putri.

Pertandingan final tingkat SMP putra dan putri mempertemukan empat tim yang berbasis di Surabaya dan SMP Gloria 1 menang atas SMP Nation Star Academy (tim B) di divisi putra, dan SMP Kristen Petra 3 mengungguli SMP Nation Star Academy Girls (tim B) di divisi putri.

Baca juga: ShannonDominique Susila masuk daftar pemain putri Jr NBA Showcase

Dalam kategori SD, SDK Sang Timur Pasuruan mengalahkan SD Junior Activities Center dan SD Gloria 3 mengalahkan SD Lazuardi Tursina Banyuwangi untuk menjadi juara divisi putra dan putri.

Selain itu, Turnamen Jr. NBA 3v3 memberikan penghargaan kepada para pemain putra dan putri dengan kategori Most Valuable Player untuk tingkatan sekolah, yaitu sebagai berikut.

SD
Putra: Calvino Sony Alano
Putri: Gabrielle Lettycia Wondal

SMP
Putra: Joshua Leydon Chiang
Putri: Joanne Giovanni

SMA
Putra: Bentley Leopold Halim
Putri: Aileen Winanda Gunawan

Baca juga: Durant dan LeBron berambisi wakili AS di Olimpiade 2024 Paris
Baca juga: IBL berencana bawa tim NBA ke Indonesia Arena

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023