Jakarta (ANTARA) -
Pada Rabu (4/10), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya menekan dampak fenomena El Nino dan warga membersihkan sampah yang menumpuk di area Pantai Cibutun.

Selain itu, ada warta mengenai prakiraan akhir musim kemarau serta konferensi agama dan perubahan iklim yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya menekan dampak fenomena El Nino di beberapa bagian wilayah Indonesia, antara lain dengan melakukan operasi darat dan udara untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Ribuan warga bersihkan Pantai Cibutun

Ribuan warga bersama petugas pemerintah membersihkan sampah yang menggunung di Pantai Cibutun, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

TNI-Polri diminta bantu telusuri asal sampah di Pantai Cibutun
 
Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta bantuan TNI dan Polri untuk menelusuri asal sampah yang menumpuk di Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kabupaten Sukabumi.

Kemarau kering diprakirakan berakhir Oktober

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau kering di sebagian besar wilayah Indonesia berakhir pada Oktober dan musim hujan secara bertahap datang mulai awal  November 2023.

Jusuf Kalla bahas dampak perubahan iklim
 
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla saat menghadiri konferensi agama dan perubahan iklim menyampaikan bahwa perubahan iklim telah berdampak pada segala aspek kehidupan, menimbulkan bencana alam masif hingga mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023