Jakarta (ANTARA News) - Tiga operator seluler tanah air, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, berkolaborasi dengan inovasi layanan "e-Money Interoperability" atau pengiriman uang elektronik lintas operator yang diluncurkan di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jakarta.

"Ke depan diharapkan semakin banyak operator seluler dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat secara luas," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution saat peluncuran layanan tersebut di Jakarta, Rabu.

Darmin mengatakan inovasi tersebut tidak saja memberikan nilai tambah bagi kemajuan industri sistem pembayaran dan perbankan, tetapi juga mendukung perekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

Manfaat yang bisa dinikmati pengguna seluler dengan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator itu antara lain pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel.

Sebelumnya, ketiga operator seluler itu sudah memiliki layanan pengiriman uang elektronik, yaitu TCASH (Telkomsel), Dompetku (Indosat) dan XL Tunai (XL Axiata). Dengan adanya kolaborasi itu, pelanggan ketiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta bisa saling mengirim uang elektronik.

Peluncuran program kolaborasi dilakukan ketiga pimpinan operator seluler tersebut disaksikan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro

Pihak operator seluler menyambut baik dukungan Bank Indonesia yang dianggap dapat mempercepat perluasan layanan uang elektronik di Indonesia. Layanan itu secara tidak langsung akan meningkatkan "customer experience" dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital saat ini.

"Kemajuan teknologi di era digital merupakan tantangan bagi Telkomsel. Hadirnya inovasi terbaru dari kolaborasi ini diharapkan meningkatkan animo dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan uang elektronik," kata Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mewakili ketiga operator.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013