Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Basri Baco mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi desain sekolah untuk mengantisipasi agar kasus siswa jatuh dari lantai 4 di Jakarta Selatan tidak terulang kembali.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi besar desain sekolah baru ke depan," kata Baco saat dihubungi di Jakarta, Rabu.
 
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu menuturkan adanya kasus siswa jatuh dari lantai 4 sekolah hingga meninggal merupakan tanda bahwa sekolah itu tidak memenuhi standar keamanan anak.
 
Dia menegaskan, seharusnya semua sekolah yang ada di Jakarta maupun Tanah Air mampu menjamin keamanan siswa dan memiliki kesadaran adanya perundungan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: KPAI serahkan kasus tewasnya anak SD dari lantai 4 ke Polres Jaksel
 
Karena itu, dia menegaskan, perlu adanya perhatian terhadap tindakan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya memperhatikan desain keamanan gedung sekolah.
 
"Seharusnya mau di-'bully' atau tidak di-'bully' atau anak mau coba lompat tetap tidak bisa karena standar keamanannya tidak bisa itu terjadi," tuturnya.
 
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo menyatakan duka citanya kepada mendiang siswa tersebut.
 
Dia menegaskan, perlu adanya tindakan tegas dari pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan DKI terhadap pihak yang harus bertanggung jawab mengenai kasus tersebut.

Baca juga: JPPI desak DKI bentuk tim investigasi usut siswa jatuh dari lantai 4
 
"Apapun penyebabnya, sekolah dan Dinas Pendidikan punya tanggung jawab untuk memastikan keselamatan para murid yang ada di sekolah," kata Anggara.
 
Terkait adanya dugaan perundungan, menurut dia, harus ada investigasi serius agar benar-benar ditemukan kebenarannya.
 
Karena itu, dia meminta Dinas Pendidikan untuk melakukan investigasi ini dengan melibatkan pihak-pihak terkait dan hasilnya harus dibuka kepada masyarakat.
 
Menurut dia, perlu adanya perhatian khusus dalam pembinaan siswa dan penanganan konflik untuk menghindari perundungan yang kerap terjadi di sekolah. "Pembinaan karakter adalah tugas sekolah yang penting dan tak boleh luput," tuturnya.
Baca juga: Seorang siswa meninggal karena jatuh dari lantai 4 sekolah di Jaksel

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023