Jakarta (ANTARA) - Dunia kecerdasan buatan semakin membuat manusia tercengang dengan kemampuannya yang semakin meningkat, dan ChatGPT yang dikembangkan OpenAI sekarang tidak hanya bisa berkomunikasi dengan tulisan text, tapi juga bisa dengan suara dan mengenali gambar.

Ya, "ChatGPT kini bisa melihat, mendengar, dan bicara," kata OpenAI mengutip pengumuman resmi peluncuran kemampuan baru ChatGPT di laman resminya, Selasa.

OpenAI meluncurkan kemampuan suara dan gambar baru di ChatGPT, yang menawarkan jenis antarmuka baru yang lebih intuitif dengan memungkinkan penggunanya melakukan percakapan suara atau memberitahu ChatGPT tentang apa yang anda bicarakan.

Baca juga: Aplikasi ChatGPT akan dirilis di Android minggu depan

Suara dan gambar memberi pengguna lebih banyak cara untuk menggunakan ChatGPT dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna, misal, bisa memotret isi kulkas dan dapur kemudian mencari tahu menu apa untuk makan malam hari ini.

Setelah makan malam, anda juga bisa membantu anak mengerjakan soal matematika dengan mengambil foto, melingkari kumpulan soal, dan minta ChatGPT berbagi petunjuk mengenai menemukan jawabannya.

Anda kini dapat menggunakan suara untuk melakukan percakapan bolak-balik dengan ChatGPT. Bicaralah dengannya saat bepergian, minta cerita pengantar tidur untuk keluarga, atau selesaikan perdebatan di meja makan.

Untuk memulai interaksi dengan suara, buka Pengaturan kemudian pilih Fitur Baru di aplikasi seluler dan ikut serta dalam percakapan suara. Kemudian, ketuk tombol headphone yang terletak di sudut kanan atas layar dan pilih suara pilihan anda dari lima suara berbeda.

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023