Kuningan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan tengah merancang paket wisata dan produk UMKM unggulan daerahnya guna mendukung beroperasinya penerbangan komersial di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat pada 29 Oktober 2023.

Bupati Kuningan Acep Purnama di Kuningan, Senin, mengatakan pihaknya sudah menjalin komitmen bersama dengan manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, yang mana di fasilitas penerbangan itu disediakan ruang untuk menawarkan produk UMKM serta paket wisata bagi penumpang.
 
"Pertemuan ini membahas kerjasama antara BIJB dengan Pemkab Kuningan. Ini dalam rangka menyambut " kata Acep.

Menurut dia, Bandara Kertajati dapat mendongkrak kunjungan pariwisata dan perekonomian di Kuningan karena memudahkan aksesibilitas maupun konektivitas. Tidak menutup kemungkinan sektor investasi pun bisa tumbuh di beberapa daerah penyangga.

Dengan berkembangnya rute penerbangan di Bandara Kertajati, kata dia, peluang pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan usaha mikro dan kecil sangat terbuka lebar.
 
"Bandara Kertajati dapat memperkuat ekonomi daerah melalui sektor pariwisata dan perdagangan," katanya.

Dari informasi yang diterima, tutur Acep, sejumlah maskapai di Bandara Kertajati akan melayani rute penerbangan seperti Kertajati-Balikpapan, Kertajati-Banjarmasin, Kertajati-Padang, dan Kertajati-Kuala Lumpur.

"Bandara ini memiliki visi untuk menjadi pintu gerbang utama Jawa Barat ke dunia, serta misi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dan maskapai penerbangan," ucap dia.


Baca juga: Kemenhub siapkan dukungan antarmoda dari dan ke Bandara Kertajati

Baca juga: Menparekraf minta masyarakat Kuningan bangun desa wisata

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023