Saya berterima kasih kepada pengelola gedung yang sudah mewujudkan penggunaan alat water mist generator ini
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 18 gedung swasta di Jakarta Selatan sampai dengan Minggu memasang 30 unit alat penyemprot kabut air (water mist generator) sebagai wujud kepedulian untuk menanggulangi polusi udara.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, mengatakan 30 unit water mist generator itu dipasang sendiri oleh pemilik 18 gedung.

"Saya berterima kasih kepada pengelola gedung yang sudah mewujudkan penggunaan alat water mist generator ini dan saya harap gedung-gedung lainnya bisa mengikuti hal yang sama dalam waktu dekat," kata Munjirin.

Gedung-gedung yang memasang alat itu antara lain Gedung Cyber 2 sebanyak satu water mist generator, Woodland Park Residence (1), Apartemen Kalibata City (13), Gedung L'Avenue (1), Gedung Gozco (1), Gedung Gandaria 8 Office Tower (1), Mal Gandaria City (1).

Selanjutnya Hotel Sheraton (1), Apartemen Pakubuwono View (1), Apartemen OnePark (1), Somerset Kencana Jakarta (1), Apartemen Pakubuwono Terrace (1), Gedung Wisma Indocement (1), Apartemen Four Winds of Senayan (1), Apartemen Kemang Jaya (1), Apartemen Providence Park (1), Wisma Mulia (1), Gedung Tifa (1).

Berdasarkan data perolehan water mist sementara, petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan diminta mengecek setiap gedung, untuk memastikan dampak perbaikan udara yang dihasilkan dari pemasangan water mist generator itu.

Setiap gedung dengan ketinggian di atas 20 meter atau lebih dari delapan lantai diminta memasang water mist generator sebagai upaya bersama dalam mengendalikan polusi udara di Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan sebelas gedung telah memasang water mist generator, di antaranya satu gedung di Jakarta Pusat yakni PT Astra International Tbk, tiga gedung di Jakarta Utara yakni PT Kencana Unggul Sukses, PT PLN Jawa Bali, dan Apartemen Green Lake Sunter.

Kemudian, tiga gedung di Jakarta Barat yaitu LTC Glodok, Harco Glodok, dan Pantjoran China Town. Lalu empat gedung di Jakarta Timur yakni PT Pama Persada, PT Suhu Global Health, dan PT Waskita Rajawali Tower, United Tractor lantai 8 dan 10.

Lalu, gedung milik pemerintahan sudah ada tujuh yang memasang water mist, yaitu Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, dan Balai Kota DKI, Jakarta Pusat Blok G dan H.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah mengoperasikan water mist generator sejak Kamis (7/9) di Lantai 17 Blok A Gedung Kantor Wali Kota Jakarta Selatan dua kali sehari.

Pengoperasian alat dilakukan di waktu pagi, pukul 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB, dan sore, pukul 17.00 WIB sampai jam 19.00 WIB.
Baca juga: Sudah 11 gedung swasta di Jakarta pasang "water mist"
Baca juga: Legislator berharap Heru wajibkan gedung tinggi pasang "water mist"
Baca juga: DKI kemarin, jumlah "water mist" hingga toilet komunal di Jakpus

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023