Jakarta (ANTARA) - Pakar Manajemen Prestasi Olah Raga Djoko Pekik Irianto berpendapat bahwa dua kemenangan berturut-turut skuad Garuda yang dilatih Shin Tae-yong (STY) dalam tiga hari terakhir ini menyiratkan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu sudah menemukan kenyamanan dan keleluasaan dalam mempersiapkan tim.

Menurut Djoko Pekik, posisi Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat berperan dalam memberikan kenyamanan terhadap pelatih STY dalam membentuk kedalaman timnas Indonesia mengingat sebelumnya sang pelatih sempat kesulitan memanggil para pemain dari klub-klub mereka.

"(Peran Erick itu) Memberi kepercayaan dan memberi keyakinan kepada STY," kata Djoko Pekik dalam keterangan tertulis, Minggu.

Shin Tae-yong mampu memberikan dua kemenangan bagi dua timnas yang berbeda yaitu timnas Indonesia senior dan timnas Indonesia U-23. Dua kemenangan tersebut adalah saat timnas Indonesia senior menumbangkan Turkmenisntan 2 - 0 pada laga FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat, diikuti dengan kesuksesan Kapten Rizky Ridho dan kawan-kawan menaklukkan China Taipei atau 9 - 0, Sabtu malam dalam Kualifikasi Grup K Piala Asia U23 AFC 2024.

Baca juga: Shin Tae-yong optimistis cetak sejarah baru untuk timnas U-23

Djoko Pekik berpesan agar ke depan prestasi timnas Indonesia dipertahankan. Ketua PSSI bisa memberikan keleluasaan kepada STY dan skuad Garuda untuk mengeksplorasi kemampuannya.

"Beri kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuannya dan membentuk timnas yang tangguh," ungkap Djoko Pekik.

Lebih lanjut Djoko Pekik mengingatkan agar timnas Indonesia tidak kehilangan kewaspadaan hanya karena sudah memenangkan dua laga terakhir. Sebab, menurutnya, masih banyak timnas yang lebih kuat dari Turkmenistan dan China Taipei.

"Bersyukur kita menang, namun team tetap harus siap dan waspada. Kemenangan tersebut tentu menjadi poin dan menambah percaya diri. Namun belum menjadi ukuran yang obyektif karena masih banyak lawan kuat menanti," kata Djoko Pekik.

Baca juga: Dewangga tak gentar Jay Idzes dipanggil perkuat timnas Indonesia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023