Semarang menjadi tujuan kedua kami karena memiliki basis komunitas kopi yang kuat
Jakarta (ANTARA) - Tren kopi di Indonesia hingga 2023 diprediksi belum akan surut, tapi justru akan mengalami peningkatan hingga empat persen seperti dilaporkan oleh lembaga survei Euromonitor

Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia di bidang kopi semakin meningkat dari tahun ke tahunnya.

Merespons tren tersebut, Otten Coffee dan Rasa Group bersatu kongsi untuk menghadirkan sebuah festival kopi meriah bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini memperkenalkan Kopi Fest Indonesia 2023, sebuah acara untuk mengumpulkan para pecinta kopi dan masyarakat Indonesia yang memiliki ketertarikan di sana.

Uniknya, festival ini juga dirancang untuk pengunjung yang sekadar ingin merasakan pengalaman "ngopi" baru. Kopi Fest Indonesia 2023 akan mengunjungi empat kota besar di Indonesia, yakni Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta, dalam sebuah rangkaian roadshow. Festival ini telah mengawali rangkaian acaranya di Medan pada tanggal 5 Juli 2023 lalu dan sukses menarik perhatian lebih dari 100.000 pengunjung.

Baca juga: Tips seduh kopi nikmat ala kafe saat #dirumahaja

Roadshow ke empat kota ini kami lakukan untuk menyapa masyarakat dengan lebih dekat. Kami juga membawakan sejumlah kreasi beverage terutama kopi yang otentik dari berbagai daerah di Indonesia, kami berharap turut mendapatkan insight dari masyarakat dalam mengembangkan industri kopi,” tambah Sherley Ruslie, Managing Director Rasa Group dalam keterangannya diterima di Jakarta pada Rabu.

Kabar gembiranya, masyarakat Semarang juga bisa mengikuti festival meriah ini. Pasalnya, ibu kota Jawa Tengah ini menjadi tempat persinggahan selanjutnya pada tanggal 23 Agustus 2023.

“Semarang menjadi tujuan kedua kami karena memiliki basis komunitas kopi yang kuat. Kami akan menghadirkan deretan jajanan kesukaan masyarakat, aktivitas hiburan, hingga kompetisi kopi bergengsi berskala nasional dan internasional,” terang Jhoni Kusno, CEO dan Co-founder Otten Coffee di pembukaan Kopi Fest Indonesia 2023 Semarang.

Baca juga: Otten Coffee hadirkan robot barista

Kompetisi kopi paling bergengsi

Selain menjadi ajang berkumpulnya para pecinta, penikmat, dan pelaku industri kopi, Kopi Fest Indonesia juga akan memboyong dua kompetisi bergengsi di dunia kopi, yakni Indonesia AeroPress Championship 2023 dan Barista Innovation Challenge 2023. Dua kompetisi ini kerap menarik perhatian dan menjadi perbincangan di kalangan para penggiat kopi.

“Indonesia AeroPress Championship sendiri merupakan kompetisi yang telah kami adakan sebelumnya sebagai pemegang lisensi resmi di Indonesia. Tahun ini kami akan menghadirkan lebih banyak peserta dari seluruh Indonesia. Pemenang kompetisi ini akan dikirimkan untuk unjuk gigi di kompetisi tingkat dunia yang diadakan di Melbourne, Australia sebagai perwakilan dari Indonesia,” pungkas Jhoni.

Tidak kalah menariknya, Barista Innovation Challenge (BIC) 2023 juga akan tampil dengan skala lebih besar dari tahun sebelumnya. Kali ini, kompetisi ini akan menantang para barista berprestasi di Indonesia untuk saling menunjukkan bakatnya.

“Seperti tahun lalu, dengan diadakannya BIC, kami mengharapkan bisa mendapat varian resep cita rasa kopi yang membawa ciri khas Indonesia dan rasa yang bersaing di kancah luar negeri di BIC tahun ini,” jelas Sherley Ruslie.

Baca juga: Otten Coffee racik kopi yang nyaman dikonsumsi setelah puasa

Promo serta pameran UMKM Indonesia

Kopi Fest Indonesia 2023 juga berkolaborasi dengan BCA Bangga Lokal untuk mengangkat UMKM di berbagai daerah, sebuah hal yang tak akan ditemui di acara lain.

Para pengunjung dapat menikmati banyak sekali diskon dan promosi dari merek favorit mereka, terutama untuk tenant makanan dan minuman.

“Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian Indonesia, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi dalam Festival Kopi Indonesia,” kata Budi Rahardjo, Vice President Kantor Fungsional Perbankan Transaksi di BCA Semarang.

“Kami menawarkan berbagai macam promosi yang pastinya menarik untuk masyarakat. Misalnya saja, cashback QRIS BCA 50 ribu untuk 150 transaksi pertama setiap hari untuk pembelian minimum 100.000, dan cashback 15 ribu untuk 200 transaksi pertama setiap hari untuk pembelian minimum 75.000,” tambah Budi Rahardjo.

Selain itu, terdapat pula aktivitas seru yang menawarkan hadiah langsung dan lebih banyak promo untuk mereka yang datang. Seperti Coffee Passport, sebuah paspor yang bisa didapat secara gratis dan akan menantang pengunjung untuk menyelesaikan beberapa misi.

“Kami juga mengadakan beberapa tantangan dan promo menarik untuk seluruh pengunjung dan bahkan tenant yang berpartisipasi,” sebut Jhoni.

Setelah perhelatan Kopi Fest Indonesia 2023 di Semarang pada tanggal 23-27 Agustus, acara ini akan berlanjut di Bandung pada 20-24 September 2023, lalu ditutup dengan perhelatan di Jakarta, 4-8 Oktober 2023. Untuk informasi lebih lengkap mengenai acara dan cara pendaftarannya, dapat mengunjungi kopifestindonesia.com.

Baca juga: Otten Coffee tawarkan grinder kopi edisi terbatas produksi Mahlkönig

Baca juga: Otten Coffee hadirkan tiga alat kopi unik ke Indonesia

Baca juga: Otten Coffee perkenalkan membership kepada pelanggan pecinta kopi

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023