Layanan 'shuttle bus' tersebut gratis atau Rp0
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyediakan empat rute layanan bus pengumpan (shuttle bus) untuk menyukseskan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di DKI Jakarta mulai 30 Agustus 2023 hingga 7 September 2023.
 
"Kami menyediakan empat rute 'shuttle bus', selain untuk melancarkan kegiatan KTT ASEAN 2023, rute- rute tersebut juga dapat digunakan oleh masyarakat umum," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas TransJakarta Apriastini Bakti Bugiansri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Empat rute itu adalah pertama, Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Hotel Sultan (Summit Venue) yang beroperasi pukul 07.00 WIB-22.00 WIB.

Kedua, Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Ritz Carlton Pacific Place (Sideline) yang beroperasi pukul 07.00 WIB-19.00 WIB.

Ketiga, Hotel Sultan (Summit Venue)-Ritz Carlton Pacific Place (ABA Venue) yang beroperasi pukul 17.00 WIB-19.00 WIB.

Baca juga: TransJakarta sesuaikan rute layanan akibat ada demo di Patung Kuda
 
Keempat, MRT Istora Mandiri-Balai Sidang JCC Senayan yang beroperasi pukul 05.00 WIB-08.00 WIB.

Adapun armadanya adalah bus listrik ramah lingkungan (low entry electric vehicle).
 
"Layanan 'shuttle bus' tersebut gratis atau Rp0," ujar Apriastini.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan sebanyak 24 bus listrik untuk menyambut para delegasi negara sahabat selama KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

"Kami juga telah menyiapkan empat rute yang akan melayani delapan bus listrik masing-masing sehingga disiapkan 24 bus listrik selama KTT ASEAN," kata Syafrin di Jakarta Pusat, Senin.

Baca juga: TransJakarta operasikan 2 layanan Mikrotrans terkoneksi LRT Jabodebek

Syafrin menjelaskan, tersedianya bus listrik tersebut untuk mempermudah mobilitas para delegasi dari bandara maupun ke lokasi lainnya yang telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.
 
Selain itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas lainnya berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri yakni sebanyak 18 hotel yang dipersiapkan sebagai penginapan.

Pelayanan TransJakarta maupun moda raya terpadu (MRT) tetap beroperasi seperti biasa selama pelaksanaan agenda bergengsi tersebut.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023