"Tentunya kami memprioritaskan dari internal partai. Apa lagi di Depok sudah berapa periode diberi amanah untuk memimpin kota Depok, lebih layak kader sendiri bisa tampil memimpin Kota Depok,"
Depok (ANTARA) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H Ahmad Syaikhu menegaskan PKS mengusung calon wali kota Depok kader internal untuk Pilkada Depok yang digelar pada November 2024.

"Tentunya kami memprioritaskan dari internal partai. Apa lagi di Depok sudah berapa periode diberi amanah untuk memimpin kota Depok, lebih layak kader sendiri bisa tampil memimpin Kota Depok," ujar Ahmad Syaikhu di Depok, Minggu.

Ahmad Syaikhu mengatakan terkait pemilihan kepala daerah 2024 PKS telah membuat petunjuk pelaksanaan (juklak) dan prosesnya sedang berjalan.

"(PKS) Sudah buat juklak terkait Pilkada 2024 ini masih sedang berproses jadi usulan-usulan kita tampung dari daerah baru nanti di DPP PKS. Sampai sekarang ini saya belum menerima usulan dari wilayah," ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Syaikhu menegaskan proses calon kepala daerah diusulkan dari pengurus partai di daerah ke DPP termasuk dari DPD PKS Depok.

"Jadi biarkan berproses sehingga mengerucut pada satu nama, siapa yang mewakili Depok ke depan," ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PKS Kota Depok Bobby Hermanto menegaskan Imam Budi Hartono telah ditetapkan sebagai calon Wali Kota Depok 2024 untuk selanjutnya diajukan ke pengurus pusat partai politik tersebut.

"PKS Depok menetapkan nama Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota ke DPP PKS. Karena hasil penjaringan internal suaranya mencapai 81 persen," kata Hermanto yang juga Sekretaris Umum DPD PKS Depok.

Hermanto menjelaskan Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota dari PKS baru sebatas usulan ke pengurus pusat belum Surat Keputusan (SK) DPP PKS karena masih masih menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Belum sampai SK DPP (menunggu hasil Pileg). Tapi di panduan ada penetapan dini untuk kemenangan Pileg calon wali kota dan wakilnya untuk tugas memenangkan pileg 2024," jelas Hermanto.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023