Pada pukul 07.11 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,1 persen,
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat, karena investor berhati-hati menjelang pidato kepala bank-bank sentral utama di simposium Jackson Hole di Amerika Serikat, sementara kenaikan imbal hasil obligasi terus menekan saham.

Pada pukul 07.11 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,1 persen, meskipun tampaknya akan mencatat kenaikan mingguan pertamanya dalam empat minggu terakhir.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell dijadwalkan untuk berbicara pada pukul 14.05 GMT, sementara Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde akan berbicara pada pukul 17.00 GMT.

Pidato para gubernur bank sentral akan menjadi kunci dalam menilai prospek suku bunga di tengah harapan bahwa bank-bank sentral mendekati akhir dari siklus pengetatan mereka.

Imbal hasil obligasi di seluruh Eropa meningkat, dengan imbal hasil obligasi Jerman, yang dianggap sebagai patokan Eropa, naik menjadi 2,54 persen. Saham real estat yang sensitif terhadap suku bunga melemah 0,1 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik karena perkiraan Nvidia angkat pembuat cip

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong reli produsen cip


Di sisi lain, saham-saham teknologi yang sensitif terhadap pertumbuhan turun 0,5 persen, sementara sektor perjalanan dan rekreasi merosot 0,4 persen.

Membatasi kerugian, saham energi terangkat 0,6 persen karena kenaikan harga minyak mentah, sementara sumber daya dasar bertambah 0,2 persen didorong harga logam yang lebih tinggi.

Indeks DAX Jerman kehilangan 0,1 persen setelah data resmi menunjukkan perekonomian Jerman mengalami stagnasi pada kuartal kedua dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, menyusul resesi musim dingin.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong ekuitas energi, perawatan kesehatan

Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh karena BAE menyeret perusahaan pertahanan

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023