Jakarta (ANTARA) - Pegolf nasional Kevin Caesario Akbar meraih gelar profesional pertamanya, setelah ia menjuarai turnamen The Indonesia Pro-Am presented by Combiphar & Nomura, di Gunung Geulis Country Club, Kabupaten Bogor, Jumat.

Kevin yang memasuki putaran akhir dengan keunggulan lima pukulan di klasemen, mengumpulkan skor sementara 12 under. Ia harus bekerja keras untuk mempertahankan permainannya.

Pegolf 26 tahun itu mencatatkan empat bogey pada lima hole awal sempat menjadi hambatan, namun ia kemudian mampu mengukir tiga birdie yang diselingi satu bogey untuk menjaga kepercayaan dirinya saat menyelesaikan sembilan hole pertama dengan skor 2 over.

Baca juga: Kevin Akbar pimpin klasemen putaran kedua kejuaraan Indonesia Pro-Am 

Catatan 2 over itu bertahan hingga hole terakhir. Sehingga Kevin mengakhiri turnamen dengan catatan skor 10 under.

"Saya tahu saya harus membuat beberapa birdie karena sembilan hole kedua tidak terlalu sulit. Saya membuat par yang bagus. Meski saya melewatkan beberapa peluang birdie, ada beberapa penyelamatan par yang bagus di hole 11, 12 dan juga di 16, yang jaraknya 2,5 meter. Saya berhasil melakukannya, itu luar biasa," ujar Kevin seusai pertandingan.

Laju Kevin tidak dapat dibendung sampai hole terakhir. Pesaing terdekatnya Charng-Tai Sudsom, yang sempat memuncaki klasemen pada putaran pertama, hanya mampu menipiskan selisih satu pukulan.

Sudsom mampu mengukir dua birdie pada dua hole terakhir namun ia hanya dapat menghuni posisi kedua dengan 9 under.

Baca juga: Indonesia Pro-Am buka rangkaian turnamen golf ADT 2023 di Tanah Air

Keberhasilan Kevin sebagai juara di nomor individual tidak dibarengi kemampuan menjadi juara di nomor beregu. Kevin yang berpasangan dengan Agung Budiman, harus puas finis di posisi T18.

Nomor beregu Pro-Am dimenangi oleh pasangan Witchayapat Sinsrang/Alit Jiwandana (Amatir). Duet Thailand-Indonesia itu menjadi juara dengan catatan skor 27 under.

Peringkat kedua nomor beregu diduduki oleh pasangan Tawit Polthai/Sholihuddin Amir (Am.) dengan skor 25-under. Adapun pasangan Michele Ortolani/Heri Setiyono (Am.) menduduki posisi ketiga dengan 24-under.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023