Dalian, China (ANTARA) - Sebuah kapal peti kemas ultrabesar berkapasitas 24.188 TEU (twenty-foot equivalent unit) bernama "OOCL Felixstowe" telah dikirim ke Orient Overseas Container Line Ltd. (OOCL) pada Selasa (8/8) oleh sebuah galangan kapal lokal di Kota Dalian, Provinsi Liaoning, China.

Dengan total panjang 400 meter, lebar 61,3 meter, tinggi 75 meter, dan desain sarat air kapal (draft) 14,5 meter, kapal baru tersebut memiliki kapasitas untuk menampung 24.188 peti kemas standar.

Kapal itu dirancang dengan efisiensi operasi yang sangat ditingkatkan dan memenuhi tren pengembangan yang ramah lingkungan, rendah karbon, dan cerdas di industri perkapalan.

Kapasitas muatan maksimum kapal tersebut yang sebesar 228.000 ton juga menjadikannya salah satu kapal peti kemas terbesar di dunia, menurut produsen kapal itu, Dalian COSCO KHI Ship Engineering Co., Ltd.

"OOCL Felixstowe" adalah kapal berkapasitas 24.188 TEU ramah lingkungan keempat yang diterima oleh OOCL dan akan mulai digunakan dalam layanan LL3 Asia-Eropa yang dioperasikan oleh perusahaan itu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023