Surabaya (ANTARA Newsa) - Pebulutangkis tunggal putri Linda Weni Fanetri mengantar pemuncak klasemen Indonesia unggul sementara 1-0 setelah mengalahkan pemain Filipina Malvinne Ann Venice Alcala 21-16, 21-11 pada laga lanjutan Piala Axiata 2013, DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Filipina yang berada di dasar klasemen berharap banyak dapat memetik poin dari empat partai, namun Linda yang berperingkat 17 dunia dan andalan Indonesia, tak ingin kembali menelan kekalahan setelah kemarin Jumat ditumbangkan pemain muda Thailand Ratchanok Intanon.

Malvinne yang masih berusia 18 tahun sempat memberikan perlawanan sengit pada awal game pertama dengan reli-reli panjang yang menyulitkan Linda.

Dia memaksa susul menyusul skor sampai pada 15-15 ketika dia berubah tidak tenang dengan membuat kesalahan-kesalahan yang menguntungkan Linda.

Hanya menambah satu poin, Malvinne terkunci di poin 16 ketika Linda mengakhiri game ini dengan 21-16.

Pada game kedua, Malvinne sempat unggul 3-1 pada awal game, disusul Linda yang kemudian melesat memimpin jauh dan tidak terbendung pada kedudukan 10-5.

Sebuah reli panjang gagal ditutup Malvinne, pengembaliannya membentur net dan kedudukan menjadi 12-9.  Linda terus melajur dengan 15-10, kemudian mengakhiri perlawanan Malivinnme dengan 21-11.

Indonesia sementara memimpin 1-0 atas Filipina.

Selanjutnya akan bertanding, tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka melawan Mark Alcala, kemudian ganda campuran M. Rijal-Debby Susanto menghadapi Philip Escueta-Bianca Carlos, dan Hendra Setiawan-M. Ahsan diuji Paul Vivas-Peter Magnaye.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013