Surabaya (ANTARA News) - Ganda campuran terbaik Indonesia Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir membawa tim berbalik unggul 2-1 atas Thailand setelah mengalahkan Sudket Prapakamol-Saralee Thoughthongkam 21-12, 21-11 pada penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena Surabaya, Jumat.

Peringkat dua dunia itu membuktikan kelasnya dengan membuat andalan Thailand yang berperingkat enam dunia tak berkutik dan harus menyerah dalam waktu 34 menit.

Dukungan ribuan penonton yang memadati DBL Arena Surabaya mengiringi permainan cepat Tontowi-Liliyana yang sulit dibendung Sudket-Saralee.

Pada game pertama, smes tajam Tontowi merontokkan pertahanan Sudket yang hanya mampu mengembalikan bola jauh keluar dan membuat skor 9-3. Permainan net nan cerdik Saralee mampu dijangkau Liliyana dengan pengembalian jauh melambung yang memancing smes Sudket, namun hanya membentur net, 12-10.

Kembali, smes tajam Tontowi dikembalikan jauh dari sasaran dan membuat pasangan yang baru saja mempertahankan gelar juara All England ini tak bersusah-susah menutup game 21-12. 

Pada game kedua, Sudket-Saralee pantang meyerah sehingga beberapa kali reli panjang pun terjadi dan merepotkan Tontowi-Liliyana. 

Tontowi sendiri kerap melakukan kesalahan dengan smes melebar atau pertahanan yang mudah ditembus smes Saralee.

Sebuah reli panjang, membuat Liliyana dihadiahi smes keras tiga kali beruntun oleh Sudket. Pertahanan Liliyana mulai goyah, dan selisih skor menipis menjadi 7-6.

Namun, Liliyana segera mengubur harapan Thailand dengan menyambar pengembalian tanggung Sudket dengan smes keras ke bidang kanan, Indonesia memimpin, 9-6.

Sudket terus tertekan, pasangan Indonesia pun melaju sampai 14-9. 

Penonton semakin menggila, dan akhirnya pengembalian Sudket yang jatuh di luar lapangan membuat match point 20-11. Pukulan net Tontowi lalu mengakhiri perlawanan pasangan Thailand itu dengan 21-11.

Indonesia pun mengubah keadaan menjadi 2-1, setelah ketinggalan 0-1 menyusul kekalahan tunggal putri Linda Weni Fanetri dari bintang Thailand Ratchanok Intanon 17-21, 19-21 dibalas Tommy Sugiarto yang mengalahkan Tanongsak Saensoombonsuk dua game langsung, 21-17, 21-14. 

Pada partai keempat, Ganda putra Angga Pratama-Ryan Saputro sedang menghadapi Boonsak Ponsana-Songphon Anugritayawon.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013