Jakarta (ANTARA/JACX) - Nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ramai diisukan akan mendampingi bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Nama Gatot Nurmantyo termasuk sosok yang memiliki karier cemerlang di dunia militer Indonesia. Sebelum ditunjuk menjadi Panglima TNI, Gatot merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Namun pada akhir Juli ini, duet antara Anies-Gatot pun disebut bukan sekadar rumor lagi. 

Pasangan itu dikabarkan telah resmi diusung Ketua Umum Partai Nasden Surya Paloh untuk maju meramaikan kontestasi politik mendatang.  

Narasi politik ini berasal dari salah satu video yang dibagikan di YouTube pada 17 Juli 2023, dan sudah ditayangkan hampir 5.000 kali.

"JADI PASANGAN TERKUAT! SURYA PALOH RESMI DEKLARASIKAN ANIES-GATOT PILPRES 2024.
BIKIN GEMPAR ! SURYA PALOH PASTIKAN PASANGAN ANIES – GATOT JADI ANCAMAN BESAR BAGI JOKOWI & GANJAR," demikian isi keterangan yang dibubuhkan di konten YouTube tersebut.

Lantas, benarkah Anies-Gatot resmi diusung Surya Paloh untuk Pilpres 2024?
 
Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang menyatakan Anies-Gatot resmi diusung Surya Paloh pada Juli 2023 (YouTube)


Penjelasan:
Konfirmasi valid soal deklarasi resmi Anies-Gatot untuk Pemilu 2024, tidak terdapat di media arus utama manapun hingga Senin (24/7).

Penelusuran ANTARA memperlihatkan nama pendamping Anies Baswedan di Pilpres mendatang masih sebatas usulan hingga pekan keempat Juli 2023. 

Selain Gatot, tokoh-tokoh layaknya aktivis Nahdlatul Ulama Yenny Wahid, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, juga masuk di bursa bakal calon wakil presiden Anies.

Ketika isi video di YouTube itu ditelusuri, tidak ada pula klaim peresmian soal pengusungan Anies-Gatot oleh Surya Paloh.

Narasi dalam video itu diketahui memuat isi artikel milik situs berikut. Konten soal Anies-Gatot resmi diusung Surya Paloh untuk Pilpres 2024 dapat dipastikan hoaks.

Klaim: Anies-Gatot resmi diusung Surya Paloh untuk Pilpres 2024
Rating: Hoaks

Baca juga: AHY soal pengumuman bacawapres: Harus taktis, waktu tinggal 7 bulan

Baca juga: AHY soal pengumuman cawapres: Waktu sumber daya paling berharga

Baca juga: Anies belum bersedia sampaikan nama bacawapres




 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023