Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir berharap Jakarta yang salah satu kota seleksi pemain Piala Dunia U-17 2023, bisa menyumbang peserta terbanyak.

“Tentu kita harapkan di Jakarta bisa lebih besar karena selama ini track recordnya, tapi biasanya ini banyak sumbangsih buat tim nasional,” kata Erick ketika meninjau proses seleksi di Depok, Sabtu.

Para pesepak bola muda terbaik dari Jakarta menjalani seleksi di Persija Sport Ground, Depok, Jawa Barat. Jakarta merupakan kota kelima dari total 12 kota yang menggelar seleksi untuk Piala Dunia U-17 setelah Bandung, Palembang, Bali, dan Tangerang.

Pada hari ini juga digelar seleksi di Kota Samarinda yang bertempat di Borneo Training Center.

“Saya berharap yang ada di depan saya harus bisa kontribusi terbanyak. Ini ibu kota, harus berikan yang terbanyak,” kata Erick menambahkan.

Baca juga: DKI targetkan renovasi JIS selesai sebelum Piala Dunia U-17

Dari ratusan peserta seleksi di Jakarta, akan dipilih bakat terbaik untuk bergabung bersama 17 pesepak bola yang sudah terpilih dari seleksi yang digelar dari empat kota.

“Selama ini dari Bali, Bandung, dari Palembang, totalnya ada 17 dan kalau di sini (Jakarta) bisa delapan sampai sembilan luar biasa. Kami mendorong seleksi yang ada di Kalimantan dan Solo, dan nanti juga ada Manado, dan ini harapannya benar-benar menyebar lah,” ucap pria berusia 53 tahun itu.

Agenda seleksi di 12 kota di Indonesia untuk Piala Dunia U-17 ini akan rampung pada 30 Juli dan nantinya pemain-pemain yang terpilih akan bergabung bersama puluhan pemain tim utama timnas U-17 yang beberapa hari yang lalu telah menggelar pemusatan pelatihan di Jakarta.

Setelah itu, para pemain akan menghadapi beberapa laga uji coba seperti melawan tim Barcelona Juvenil A, tim bagian dari akademi La Masia milik Barcelona dan timnas Korea Selatan U-17 pada Agustus sebelum berangkat pemusatan latihan di Jerman sekitar September hingga Oktober.

“Kita siapkan melawan U-17 Korea Selatan yang juga memang tim bagus, ditambah lagi nanti ada tim muda Barcelona yang akan datang ke Indonesia,” terang Erick.

Saat menjalani pemusatan latihan di Negeri Panzer, Erick menjelaskan nantinya tim asuhan pelatih Bima Sakti itu akan melakoni beberapa pertandingan uji coba menuju persiapan akhir Piala Dunia U-17. Salah satu yang ia harapkan adalah melawan timnas Jerman U-17.

“Dan di sana juga kita siapkan pertandingan serius melawan beberapa tim di Jerman termasuk yang kita harapkan juga tim nasional Jerman U-17 atau pun kita membuat turnamen kecil di Jerman,” pungkas Erick.

Baca juga: Timnas U-17 akan lakoni pertandingan uji coba dengan Korea Selatan
Baca juga: Tim nasional U-17 coret satu nama dari daftar skuad sementara


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023