Jakarta (ANTARA) - Meski Apple iPhone 15 series belum keluar, banyak kalangan sudah membicarakan penerusnya, iPhone 16 Pro Max secara khusus diharapkan rilis pada September 2024.

Melansir Gsmarena pada Selasa (18/7), perangkat ini akan memiliki fitur yang unik, menurut sebuah rumor di Digital Chat Station yang biasanya dapat diandalkan bahwa iPhone 16 Pro Max akan dilengkapi dengan kamera zoom periskop "Super Telephoto".

Penunjukan ini tampaknya mengacu pada kamera dengan panjang fokus lebih dari 300mm, yang akan menjadi prestasi yang cukup, mengingat iPhone 14 Pro Max saat ini harus puas dengan 77mm non-periskop yang sangat kecil.

Adapun September ini, iPhone 15 Pro Max dikabarkan akan menandai debut periskop di iPhone, dan tahun depan iPhone 16 Pro juga akan memiliki periskop, namun bukan yang "Super Telephoto".

Baca juga: Apple iPhone 15 Pro Max akan hadir dengan fitur eksklusif

Jadi sepertinya iPhone 16 Pro akan mendapatkan periskop iPhone 15 Pro Max, sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki sistem yang lebih canggih.

Kamera Super Telefoto sering digunakan dalam fotografi olahraga dan satwa liar, dan juga menarik untuk digunakan untuk potret, asalkan fotografer berada cukup jauh dari subjek.

Selain itu, sumber yang sama mengklaim kamera utama iPhone 16 Pro Max akan memiliki sensor 12 persen lebih besar berukuran 1/1,14 inch dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max 1/1,28 inch.

Sementara iPhone 15 Pro Max diharapkan tetap menggunakan perangkat keras pendahulunya.

Baca juga: Semua varian iPhone 15 dikabarkan memiliki baterai lebih besar
Baca juga: Apple memperkenalkan “Tap to Pay” di iPhone


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023