Jakarta (ANTARA News) - Produsen kendaraan Subaru memamerkan mobil konsep futuristik Viziv di segmen crossover pada ajang Geneva International Motor Show 2013.

Desain dasar Viziv, seperti disebut siaran pers Subaru, menampilkan bidang dan garis untuk menciptakan keseimbangan ideal antara bodi yang utuh dan kabin yang ringkas.

Tampilan grille di muka Viziv yang seakan muncul dari sisi dalam mobil menjadi inti desain front-end pada mobil bermesin diesel 2.0 liter Horizontally-Opposed Subaru Boxer.

Panel instrumen di depan kursi kemudi menampilkan status operasi dari sistem bantuan mengemudi yang disebut EyeSight.

Subaru juga memberikan pilihan informasi bagi penumpang depan dan belakang sehingga ikut merasa menjadi pengemudi mobil bersistem all-wheel drive (AWD) itu.

Di dalam dapur pacu, mobil plug-in hybrid itu menggunakan putaran CVT pada penggerak depan untuk perseneling dan pembangkit tenaga serta dua penggerak belakang hanya untuk perseneling kendaraan.

"Powertrain menentukan waktu terbaik untuk menggunakan setiap power unit sesuai dengan kekuatan dan aplikasi berkendara," sebut Subaru tentang sistem kendali pengemudian EyeSight, Intelligent, dan Sports itu.

Fuji Heavy Industries, selaku perusahaan yang menaungi Subaru, menyebut nama Viziv berasal dari frase Vision for Innovation yang menggambarkan visi inovasi dan arah merek Subaru pada masa mendatang.

Berikut spesifikasi teknis yang lain pada mobil berkapasitas empat kursi itu:

* Panjang x Lebar x Tinggi (mm): 4,320 x 1,900 x 1,510

* Jarak Roda (mm): 2,640

* Tipe Transmisi: Lineartronic (CVT)

* Tipe Penggerak Elektrik: Interior Permanent magnet synchronous motor

* Tipe Baterai: Lithium-ion batteries

* Sistem AWD: Independent-rear-motor-driven symmetrical AWD
 
* Ban: 245/45 ZR20 
Penerjemah: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2013