Garut (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan siap memberikan hadiah untuk siapa saja orang tua yang memberi nama Asep kepada anaknya yang baru lahir dalam rangka menjaga kelestarian nama Indonesia, khususnya ciri khas orang Sunda agar tetap ada di setiap generasi.

"Barang siapa yang hamil anaknya Asep nanti akan saya kasih hadiah untuk melestarikan nama Indonesia," kata Ridwan Kamil saat acara pertemuan nama Asep di lapangan SOR RAA Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menuturkan nama Asep itu merupakan hal yang unik, langka, dan menjadi ciri khas nama Indonesia, sehingga nama tersebut harus terlestari agar tetap ada di setiap zaman.

Menurut dia di zaman sekarang tidak banyak masyarakat yang memberi nama orang terdahulu, seperti memberi nama anaknya Asep.

Ia berharap hadiah bagi orang tua yang memberikan nama Asep kepada anak baru lahir itu bisa menjadikan nama Asep tetap terjaga dengan baik sampai kapanpun.

"Karena di generasi baru ini makin punah nama-nama yang unik khas Pasundan, atau khas budaya kita, kebanyakan nama-namanya yang mungkin kita sudah paham," kata pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu.

Baca juga: Seribuan nama Asep dari dalam dan luar negeri siap berkumpul di Garut

Ia mengungkapkan Paguyuban Asep Sedunia merupakan organisasi yang unik berbasis nama yaitu Asep dengan jumlah nama tersebut berdasarkan laporan statistik mencapai jutaan orang.

Orang yang bernama Asep dari berbagai daerah itu, kata Gubernur, menghimpun menjadi organisasi untuk selalu menjalin silaturahim dan memberikan manfaat bagi orang lain dengan rutin menggelar bakti sosial, dan juga menjadi sukarelawan ketika ada bencana alam.

"Saya menyaksikan langsung, saat kebencanaan organisasi ini turun membantu, mudah-mudahan ini dapat ditiru," katanya.

Gubernur mengapresiasi organisasi besar nama Asep, untuk itu harus didukung dan tetap aktif terus memberikan banyak manfaat bagi orang lain.

Secara pribadi dalam acara itu, Gubernur memberikan bantuan uang sebesar Rp50 juta untuk mendukung jalannya organisasi Paguyuban Asep Sedunia agar lebih semangat berorganisasinya.

"Untuk mendukung kegiatan organisasi menyumbang Rp50 juta, silakan dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi," katanya.

Wakil Presiden Paguyuban Asep Sedunia, Asep Jaelani menyampaikan terima kasih adanya dukungan dari Gubernur Jabar yang menunjukkan peduli terhadap organisasi nama Asep.

Ia juga berterima kasih kepada Gubernur yang memberikan motivasi kepada masyarakat dengan memberi hadiah agar mau memberi nama Asep terhadap anak baru lahir, dan prosedur pemberian hadiahnya bisa melalui Paguyuban Asep Sedunia.

"Gubernur memberikan motivasi siapapun yang punya nama anak, nama anak yang namanya Asep, in syaa Allah Pak Gubernur akan memberikan hadiah," katanya.

Kegiatan pertemuan nama Asep bertemakan "Silaturasep Sajagat di Garut Kota Intan" itu mendatangkan sekitar 1.700 orang yang bernama Asep dari berbagai kalangan dan daerah di Indonesia.***3***

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023