Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI memberikan layanan pengelolaan sampah elektronik rumah tangga secara gratis kepada warga Jakarta.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengemukakan, sampah elektronik termasuk sampah spesifik yang perlu dikelola secara benar.
 
"Pengelolaan sampah spesifik dan turunannya, mungkin baru di Jakarta yang mengawalinya. Di daerah lain belum ada regulasinya. Semoga langkah ini bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia," kata Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Sejak lama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memiliki keseriusan dalam menangani masalah sampah spesifik. Misalnya memberikan kemudahan kepada warga Jakarta yang ingin membuang sampah spesifik termasuk sampah elektronik.
 
"Sejak 2017, DLH memiliki layanan penjemputan langsung sampah elektronik yang ada di masyarakat secara gratis," ujar Asep.

Baca juga: DKI kurangi 1.600 kilogram limbah B3 dan elektronik per tiga bulan
Baca juga: Pemprov jelaskan alur penanganan sampah elektronik dari rumah warga

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) DLH DKI Jakarta, Yusiono A Supalal 
menyebutkan, volume atau berat sampah elektronik di Jakarta pada 2021 mencapai 75,63 ton per hari.
 
Timbunan sampah tersebut diprediksikan terjadi peningkatan 20 persen menjadi 90,23 ton per hari pada 2045.
 
"Karena itu, sampah elektronik ini harus dikelola dengan baik," ujar Yusiono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.
 
Dalam rangka mengelola sampah elektronik dengan baik, pihaknya memberikan kepercayaan kepada PT Citra Asia Raya (CAR) untuk mengelola sampah elektronik secara gratis karena memiliki perizinan yang lengkap serta berpengalaman mengelola sampah elektronik secara ramah lingkungan.
 
Adapun ruang lingkup di dalam kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama ini meliputi pengumpulan sampah elektronik, pengangkutan sampah elektronik, pemanfaatan sampah elektronik, sosialisasi dan edukasi serta pemantauan dan evaluasi.
 
Direktur Utama PT CAR, Irwan memberikan apresiasi kepada DLH DKI atas kepercayaannya mengelola sampah elektronik warga Jakarta secara gratis.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023