Dengan penyesuaian nanti, kita berharap industri maritim terus maju dan produktif
Batam, Kepri (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam memberlakukan penyesuaian tarif bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar mulai 15 Juli 2023.

"Penyesuaian tarif bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar mulai berlaku efektif tanggal 15 Juli 2023 nanti," ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam Dendi Gustinandar dalam keterangan yang diterima di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Dengan tarif baru tersebut, pihaknya berkomitmen terus meningkatkan pelayanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar.

“Melalui penyesuaian ini, tarif CHC peti kemas 20 feet akan naik dari Rp384.300 menjadi Rp603.000 per boks. Jika dibandingkan dengan pelabuhan lain, tarif tersebut juga masih lebih rendah. Harus diakui, selama 11 tahun kita belum melakukan penyesuaian," katanya.

Dia menyebutkan, dalam dua tahun terakhir BP Batam sudah menghabiskan belanja modal pembelian aset sekitar Rp489 miliar untuk pembangunan pelabuhan.

Hal itu guna mewujudkan Pelabuhan Batu Ampar sebagai pelabuhan modern dan sejajar dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Selain itu, kami ingin mewujudkan Kota Batam sebagai hub logistik. Dengan penyesuaian nanti, kita berharap industri maritim terus maju dan produktif,” katanya.

Dendi mengakui Pelabuhan Batu Ampar menjadi fasilitas penyumbang terbesar pada kegiatan ekspor Kota Batam selama Mei 2023.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat kegiatan ekspor di Pelabuhan Batu Ampar bisa mencapai 787,89 juta dolar AS dengan volume ekspor sebanyak 123,12 ribu ton.

Pencapaian itu pun menjadikan Batam sebagai daerah dengan peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Provinsi Kepri.

Berdasarkan catatan BUP BP Batam, aktivitas bongkar muat mendominasi pendapatan di Pelabuhan Batu Ampar dengan persentase 49 persen dibandingkan kegiatan lainnya.

Baca juga: UMKM Batam siap menembus pasar dagang di kawasan ASEAN
Baca juga: Menhub bahas penataan pelabuhan dan aturan AIS saat kunjungan ke Batam
Baca juga: Disbudpar Batam sebut taksi daring di bandara mudahkan wisatawan

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023