Saham-saham Inggris menguat pada pembukaan perdagangan Rabu.
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris menguat pada pembukaan perdagangan Rabu, karena harga logam yang lebih tinggi mengangkat saham sektor pertambangan, dan bank-bank Inggris naik setelah berhasil menyelesaikan stress test atau uji ketahanan dari Bank Sentral Inggris.

Pada pukul 07.09 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri terangkat 0,3 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri bertahan stabil di 18.141,85 poin.

Penambang logam industri terkerek 0,8 persen, karena harga sebagian besar logam dasar naik di tengah melemahnya dolar Amerika Serikat (AS).

Bank Sentral Inggris mengatakan stress test tahunan terhadap delapan pemberi pinjaman utama menunjukkan bahwa masing-masing dapat mengatasi kenaikan suku bunga di lingkungan yang tertekan, dan tidak ada yang perlu mengajukan rencana modal yang direvisi. Bank-bank Inggris menguat 0,6 persen.

Investor mengamati data harga konsumen AS yang akan dirilis hari ini, yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan inflasi menjadi 3,1 persen secara tahunan dari 4,0 persen sebulan sebelumnya.

AstraZeneca meningkat 1,3 persen, karena sebuah laporan UBS meningkatkan peringkat saham produsen obat itu menjadi "beli" dari "netral".
Baca juga: Saham Inggris dibuka datar tertekan pound yang lebih kuat
Baca juga: Saham Inggris berakhir menguat, indeks FTSE 100 terkerek 0,12 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023