Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengatakan karena China dan negara-negara kepulauan Pasifik semuanya adalah negara berkembang, negara-negegara itu harus memperkuat komitmen untuk saling membantu dan gotong royong di bawah kerangka kerja sama Selatan-Selatan.

Dia menyebutkan bahwa China sepenuhnya menghormati kedaulatan dan kemerdekaan negara-negara kepulauan Pasifik, dan menjunjung tinggi kesetaraan semua negara, besar maupun kecil.

China sepenuhnya menghormati keinginan negara-negara kepulauan Pasifik dan mengupayakan konsultasi ekstensif, kontribusi bersama, manfaat bersama, dan hasil yang saling menguntungkan.

China sepenuhnya menghormati tradisi budaya negara-negara kepulauan Pasifik, dan menganut keharmonisan dalam keberagaman serta berbagi keindahan budaya yang beragam.

China sepenuhnya menghormati persatuan dan kemandirian negara-negara kepulauan Pasifik, serta mendukung mereka dalam menerapkan Strategi 2050 untuk Benua Pasifik Biru, berkontribusi pada pembangunan Pasifik Biru yang damai, harmonis, aman, inklusif, dan makmur.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023