Melalui rakornas ini diharapkan dapat memupuk energi positif dalam membangun sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah
Pangkalpinang (ANTARA) - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik mengatakan rapat kordinasi nasional Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) se-Indonesia 2023 di Bangka Belitung, sebagai upaya mensinergikan peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah.

"Melalui rakornas ini diharapkan dapat memupuk energi positif dalam membangun sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya dalam pembentukan peraturan daerah," kata Akmal Malik saat membuka Rakornas Bapemperda se-Indonesia di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis.

Ia mengatakan Rakornas Bapemperda DPRD Seluruh Indonesia 2023 dihadiri kurang lebih 3.500 orang peserta, terdiri atas berbagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, antara lain Bapemperda DPRD provinsi, kabupaten, kota, sekretaris DPRD provinsi, kabupaten, kota, kepala biro hukum, sekretaris daerah provinsi dan kepala bagian hukum sekretaris daerah provinsi seluruh Indonesia dimulai 5-8 Juli 2023 di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Babel.

"Kami berharap sesuai dengan tujuan utama otonomi daerah, yakni peningkatan, pemerataan dan percepatan kesejahteraan masyarakat di daerah, mengingat bapemperda DPRD sebagai alat kelengkapan DPRD yang berperan dan fungsi strategis dalam meningkatkan kualitas perda yang implementatif," ujarnya.

Ia mengatakan menyikapi dinamika penyelenggaraan pemerintahan daerah, pengaruh fundamental dalam pembentukan Perda guna mencapai tujuan otonomi daerah, yaitu dalam rangkaian meningkatkan daya saing dan inovasi daerah.

"Dalam konteks otonomi daerah, keberadaan perda pada prinsipnya berperan mendorong desentralisasi secara lebih maksimal," katanya.

Oleh karena itu, melalui rakornas ini diharapkan terbangun komitmen yang tangguh para pemangku kepentingan atau stakeholder, utamanya Bapemperda DPRD.

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Forkopimda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah turut andil mensukseskan Babel sebagai tuan rumah Rakornas Bapemperda DPRD provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia Tahun 2023," katanya.

Baca juga: Ditjen Otda gelar rakornas untuk selaraskan produk hukum Indonesia
Baca juga: Sulbar dan Ditjen Otda gelar Rakornas Bapemperda DPRD se-Indonesia

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023