Jakarta (ANTARA) - Perusahaan infrastruktur dan layanan Teknologi Informasi global NTT Ltd. mengumumkan peningkatan solusi teknologinya untuk Tour de France dan Tour de France Femmes avec Zwift 2023.

Melalui siaran persnya, Rabu, NTT Ltd. akan menghadirkan beberapa teknologi mutakhir, antara lain IoT, konektivitas edge, dan komputasi edge dalam kejuaraan balap sepeda paling bergengsi tersebut. Mereka akan mengintegrasikan IoT dan edge untuk menciptakan "connected stadium" terbesar di dunia dengan menyiapkan replika digital (digital twin) dari balapan, yang akan menghubungkan rangkaian informasi real-time dengan mereplikasi semua aspek balapan yang sangat dinamis secara digital.

“Kombinasi IoT dan edge menghadirkan keunggulan operasional baru dan yang tidak dapat terwujud jika dijalankan secara terpisah. Menangkap, memproses, dan menganalisis data bersamaan dengan kombinasi teknologi ini sangat penting untuk mengubah setiap sepeda menjadi 'digital twin' yang merepresentasikan konsep komputasi edge dalam konteks praktis," kata Group EVP New Ventures and Innovation NTT Ltd. Shahid Ahmed.

Baca juga: NTT hadirkan pengalaman virtual stadion global melalui Tour de France

Sepeda adalah objek utama dari pengumpulan data yang dilakukan oleh NTT. Dengan menggunakan geolokasi, perangkat yang dipasang pada sepeda akan mentrasmisikan data lintang, bujur, dan kecepatan secara konstan melalui jaringan radio ke sepeda motor balap atau pesawat. Sinyal gelombang mikro akan menghimpun data hingga akhir lomba dengan perangkat komputasi edge berbasis truk yang akan menjalankan platform analitik real-time NTT.

Dalam perlombaan tersebut, mereka juga akan menghadirkan integrasi ChatGPT dalam solusi “Manusia Digital berbasis AI NTT” yang menggabungkan pembelajaran mesin, pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, dan percakapan berbasis AI. Platform “Manusia Digital” telah diprogram secara khusus agar dapat memberikan informasi balapan yang relevan dan dapat mengakses informasi terperinci untuk lebih meningkatkan pengalaman penggemar.

Sementara itu, Head of Partnerships & Media Amaury Sport Organisation (A.S.O) Julien Goupil mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan NTT untuk menghimpun data yang dapat digunakan sebagai analisis terhadap ajang balapan sepeda tersebut. A.S.O adalah perusahaan yang memiliki, merancang, dan menyelenggarakan kejuaraan olahraga internasional terkemuka, salah satunya Tour de France.

"Kami telah menghimpun data menjadi aset bernilai yang dapat menganalisa balapan lebih baik bagi publik," kata Goupil.

Baca juga: NTT Ltd gandeng Palo Alto untuk solusi jaringan keamanan

Baca juga: NTT hadirkan teknologi IoT untuk korporasi capai tujuan keberlanjutan

Baca juga: NTT Ltd. bantu MyRepublic kelola layanan telekomunikasi di Indonesia

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023