Kabul, Afghanistan (ANTARA) - Seorang analis politik Afghanistan berharap Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) mampu secara proaktif membantu Afghanistan dalam mencapai perdamaian, stabilitas dan pembangunan, mengingat sebagian besar anggota organisasi tersebut bertetangga dengan Afghanistan dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang negara.

Pernyataan itu disampaikan Jalal Bazwan, seorang dosen di Universitas Kardan yang berbasis di Kabul, menjelang pertemuan Dewan Kepala Negara SCO ke-23 yang akan diadakan pada 4 Juli nanti.

Bazwan juga menyoroti pentingnya keterlibatan diplomatik dan berbagi informasi intelijen antara anggota SCO dan Afghanistan untuk memerangi terorisme.

Mengacu pada sebuah dokumen berjudul "Posisi China terhadap Isu Afghanistan" (China's Position on the Afghan Issue) yang diterbitkan pada April lalu, analis tersebut menekankan peran penting China dalam membantu mengatasi kesulitan Afghanistan.

Dokumen tersebut menyatakan dukungan China terhadap pemerintahan yang moderat dan bijaksana, serta perdamaian dan rekonstruksi di Afghanistan.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023