Subang (ANTARA) - Pemerintah mendorong pelaku swasta untuk terlibat dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk yang sedang dikembangkan di Jawa Barat.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan Jawa Barat tengah mendorong pembangunan sejumlah PSN. Oleh karena itu, pemerintah berharap ada keterlibatan swasta dalam pengembangan tersebut.

“Kita sama-sama bekerja. Bukan hanya pemerintah pusat dan daerah, tapi swasta juga terlibat. Sudah ada UU Cipta Kerja yang menyiapkan semua aturan yang bisa menarik swasta untuk lebih aktif membangun Indonesia, mulai dari pembangunan infrastruktur,” kata Wahyu saat kunjungan PSN di Subang, Sabtu.

Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) itu menjelaskan PSN di Jawa Barat mencakup pengembangan sumber daya manusia (SDM) hingga infrastruktur.

Untuk pengembangan SDM, Jawa Barat sedang membangun Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon untuk memfasilitasi pemerataan akses pendidikan bagi masyarakat. Meski pembangunan belum tuntas, namun ITB di Cirebon sudah beroperasi dengan tujuh program studi dan lebih dari 1000 mahasiswa.

Pembangunan ITB di Cirebon juga diharapkan dapat mencetak tenaga ahli yang bisa mendorong pengembangan Jawa Barat ke depannya.

Kemudian, proyek PSN berikutnya adalah Bandara Kertajati yang diharapkan bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat Jawa Barat yang ingin melakukan penerbangan. Bandara Kertajati sudah menampung perjalanan haji dan ke depannya ditargetkan bisa memfasilitasi perjalanan umrah.

Proyek selanjutnya adalah Bendungan Cipanas yang sudah selesai proses pembangunannya. Dalam dua musim hujan ke depan, diharapkan Bendungan Cipanas bisa mengairi sawah serta menjadi sumber air baku, baik untuk air minum maupun keperluan industri.

Jawa Barat juga memiliki proyek PSN Pelabuhan Patimban yang bertujuan untuk mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan. Rencananya, proyek Pelabuhan Patimban akan dilengkapi dengan akses jalan tol serta jalur kereta api sehingga pelabuhan memiliki akses yang lengkap.

“Dengan pembangunan kawasan Rebana dan PSN, kami harap ini bisa direalisasikan. Kami yakin dengan kerja sama yang erat antara pemerintah pusat, daerah, dan swasta dalam pembangunan ini bisa mempercepat proses kemajuan Provinsi Jawa Barat dan berdampak kepada nasional,” ujar Wahyu.

Jawa Barat juga memiliki proyek PSN Tol Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap agar penyelesaian PSN di Jawa Barat dapat dipercepat agar mampu menjadi pondasi Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomiannya, sehingga dapat turut mendukung visi besar Indonesia menuju Indonesia Emas di 2045.

“Kami harap proyek-proyek ini bisa memberikan efek berganda,” ujar Airlangga, Jumat (23/6).

Baca juga: Menko: PSN Tol Cisumdawu bisa jadi sumber pertumbuhan ekonomi baru
Baca juga: PSN: Satelit Satria akan ciptakan pemerataan akses internet
Baca juga: WIKA kebut pembangunan 25 PSN

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023